Renungkan, Apakah Kalian Pernah Melakukan Tindakan Kekerasan Baik Verbal (Melalui Kata-Kata) maupun Secara Fisik pada Teman atau Anggota Keluarga, Guru ataupun Orang Lain?

Renungkan, apakah kalian pernah melakukan tindakan kekerasan baik verbal (melalui kata-kata) maupun secara fisik pada teman atau anggota keluarga, guru ataupun orang lain? Setelah mempelajari materi ini, bagaimana sikap-mu? Maukah minta maaf pada mereka dan berupaya menjadi manusia yang bertanggung jawab dalam kaitannya dengan hak-hak asasi manusia yang merupakan anugerah Allah?

Pertanyaan diatas adalah soal Response Saya (Refleksi), Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 1 Hak Asasi Manusia, halaman 10.

Jawaban:

Ya, saya pernah melakukan tindakan kekerasan verbal kepada guru olahraga saya. Saat itu, saya sedang mengikuti pelajaran olahraga dan saya merasa kesal karena guru saya selalu mengkritik saya. Saya merasa bahwa guru saya tidak adil dan selalu meremehkan saya.

Saya pun mengeluarkan kata-kata kasar kepada guru saya. Saya memanggilnya dengan sebutan yang tidak pantas dan saya menuduhnya tidak kompeten. Saya juga mengancamnya akan melaporkannya kepada kepala sekolah.

Setelah mempelajari materi tentang hak asasi manusia, saya menyadari bahwa tindakan saya adalah salah. Saya telah melanggar hak guru saya untuk dihormati dan dihargai. Saya juga telah melanggar haknya untuk bekerja dengan aman dan nyaman.

Saya merasa menyesal atas tindakan saya tersebut. Saya ingin meminta maaf kepada guru saya dan memperbaiki hubungan kami. Saya juga ingin menjadi manusia yang lebih bertanggung jawab dalam kaitannya dengan hak asasi manusia.

Penjelasan

Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada setiap manusia sejak lahir, tanpa memandang ras, suku, agama, jenis kelamin, atau status sosial. Hak asasi manusia merupakan anugerah Allah yang harus dihormati dan dilindungi oleh semua orang.

Salah satu hak asasi manusia yang penting adalah hak untuk dihormati dan dihargai. Setiap orang berhak untuk diperlakukan dengan hormat dan layak, tanpa memandang perbedaan.

Tindakan kekerasan verbal, seperti yang saya lakukan kepada guru olahraga saya, merupakan pelanggaran terhadap hak untuk dihormati dan dihargai. Tindakan tersebut dapat menyakiti perasaan korban dan membuat mereka merasa tidak nyaman.

Setelah mempelajari materi tentang hak asasi manusia, saya menyadari bahwa tindakan saya tersebut adalah salah. Saya telah melanggar hak guru saya dan saya merasa menyesal atas tindakan saya tersebut.

Saya ingin meminta maaf kepada guru saya dan memperbaiki hubungan kami. Saya juga ingin menjadi manusia yang lebih bertanggung jawab dalam kaitannya dengan hak asasi manusia.

Berikut adalah beberapa hal yang akan saya lakukan untuk menjadi manusia yang lebih bertanggung jawab dalam kaitannya dengan hak asasi manusia:
  • Saya akan belajar lebih banyak tentang hak asasi manusia.
  • Saya akan berusaha untuk menghormati dan menghargai semua orang, tanpa memandang perbedaan.
  • Saya akan menghindari tindakan kekerasan, baik verbal maupun fisik.

Saya percaya bahwa dengan belajar dan berusaha, saya dapat menjadi manusia yang lebih bertanggung jawab dan menghormati hak asasi manusia.

Komentar