Pengalaman Kegiatan Membaca Menarik Apa yang Pernah Ibu dan Bapak Rasakan di Kelas?

Pengalaman kegiatan membaca menarik apa yang pernah ibu dan bapak rasakan di kelas?

Pertanyaan diatas adalah soal Cerita Reflektif, Modul: Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding, Materi: Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Suku Kata.

Jawaban:

Pengalaman Kegiatan Membaca Menarik di Kelas

Sebagai seorang guru, saya selalu berupaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Salah satu hal yang saya yakini dapat meningkatkan minat baca siswa adalah dengan menghadirkan kegiatan membaca yang menarik dan relevan dengan minat mereka.

Salah satu pengalaman kegiatan membaca menarik yang pernah saya rasakan di kelas adalah ketika saya melakukan pembelajaran terdiferensiasi dengan dekoding pada kelompok penguasaan huruf. Pada pembelajaran tersebut, saya memberikan tugas kepada siswa untuk membuat kartu huruf. Siswa diminta untuk memilih huruf-huruf yang mereka kuasai dengan baik. Setelah itu, siswa diminta untuk menuliskan huruf-huruf tersebut di kartu dan menghiasnya sesuai dengan keinginan mereka.

Kegiatan ini ternyata sangat disukai oleh siswa. Mereka terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengerjakan tugas tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan mengingat huruf-huruf yang mereka kuasai.

Selain itu, saya juga pernah melakukan pembelajaran terdiferensiasi dengan dekoding pada kelompok suku kata. Pada pembelajaran tersebut, saya menggunakan media permainan kartu suku kata. Siswa diminta untuk mengocok kartu-kartu tersebut dan kemudian menyusunnya menjadi kata.

Kegiatan ini juga sangat disukai oleh siswa. Mereka terlihat sangat aktif dan terlibat dalam kegiatan tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan mengingat suku kata-suku kata yang mereka kuasai.

Dari pengalaman-pengalaman tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa kegiatan membaca yang menarik dan relevan dengan minat siswa dapat meningkatkan minat baca mereka. Selain itu, kegiatan membaca juga dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan mengingat materi yang mereka pelajari.

Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan kegiatan membaca yang menarik di kelas:
  • Pilihlah materi yang sesuai dengan minat siswa. Siswa akan lebih tertarik untuk membaca jika materi yang mereka baca sesuai dengan minat mereka.
  • Gunakan media yang menarik. Media yang menarik dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan terlibat dalam kegiatan membaca.
  • Buatlah kegiatan membaca yang interaktif. Kegiatan membaca yang interaktif dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan mengingat materi yang mereka baca.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, kita dapat menciptakan kegiatan membaca yang menarik dan bermakna bagi siswa.

Komentar