Nah, Pada Masa Wabah Covid-19 Ketika Kita Beribadah dari Rumah dan Bukan di Gedung Gereja. Bagaimana Penilaian Kalian? Apa Beda Beribadah di Gereja dengan di Rumah Melalui Zoom atau Youtube?

Nah, pada masa wabah Covid-19 ketika kita beribadah dari rumah dan bukan di gedung gereja. Bagaimana penilaian kalian? Apa beda beribadah di gereja dengan di rumah melalui zoom atau youtube?

Pertanyaan diatas adalah soal bagian 2 Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 5 Setia Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab, halaman 57.

Jawaban:

Penilaian saya terhadap ibadah di rumah selama masa wabah Covid-19 adalah positif. Ibadah di rumah tetap merupakan ibadah yang sah dan kudus, karena ibadah tidak ditentukan oleh tempatnya, melainkan oleh sikap hati dan jiwa kita di hadapan Tuhan. Ibadah di rumah juga dapat menjadi kesempatan bagi kita untuk lebih fokus dan khusyuk dalam beribadah, karena tidak ada gangguan dari orang lain.

Ada beberapa perbedaan antara ibadah di gereja dengan di rumah melalui zoom atau youtube. Berikut adalah beberapa perbedaan tersebut:
  • Lokasi: Ibadah di gereja dilakukan di gedung gereja, sedangkan ibadah di rumah dilakukan di rumah masing-masing.
  • Kehadiran: Ibadah di gereja dilakukan secara fisik, sedangkan ibadah di rumah dilakukan secara virtual.
  • Interaksi: Ibadah di gereja memungkinkan adanya interaksi yang lebih langsung antara jemaat dan pemimpin ibadah, sedangkan ibadah di rumah interaksinya terbatas pada media yang digunakan.
  • Kelengkapan: Ibadah di gereja biasanya lebih lengkap dengan berbagai unsur ibadah, sedangkan ibadah di rumah biasanya lebih sederhana.

Meskipun ada perbedaan-perbedaan tersebut, ibadah di rumah tetap memiliki nilai dan manfaatnya tersendiri. Ibadah di rumah dapat menjadi kesempatan bagi kita untuk:
  • Menjaga kesehatan dan keselamatan diri dan keluarga.
  • Meningkatkan kerohanian dan iman.
  • Mempererat persekutuan dengan keluarga.
  • Menjangkau jemaat yang tidak dapat hadir di gereja.

Oleh karena itu, kita harus tetap setia beribadah, baik di gereja maupun di rumah. Ibadah adalah kebutuhan rohani yang penting bagi setiap orang percaya. Ibadah dapat membantu kita untuk tetap terhubung dengan Tuhan dan sesama.

Komentar