Merangkum Poin-Poin atau Pokok-Pokok Penting Menyangkut Nilai-Nilai Multikultur yang dapat Dimanfaatkan dalam Rangka Memperkuat Kesatuan Hidup Sebagai Bangsa Indonesia Dan Khususnya Sebagai Umat Beragama

Setelah mempelajari sub materi diatas, kini kalian dapat merangkum poin- poin atau pokok-pokok penting menyangkut nilai-nilai multikultur yang dapat dimanfaatkan dalam rangka memperkuat kesatuan hidup sebagai bangsa Indonesia dan khususnya sebagai umat beragama. Hasil rangkuman dipresentasikan. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.

Pertanyaan diatas adalah soal Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 10 Multi Kultur, halaman 148.

Jawaban:

Berikut adalah rangkuman poin-poin atau pokok-pokok penting menyangkut  nilai-nilai multikultur yang dapat dimanfaatkan dalam rangka memperkuat kesatuan hidup sebagai bangsa Indonesia dan khususnya sebagai umat beragama:
  • Pengakuan terhadap berbagai perbedaan dan kompleksitas kehidupan masyarakat.
  • Perlakuan yang sama terhadap berbagai komunitas dan budaya, baik yang mayoritas maupun minoritas.
  • Kesederajatan kedudukan dalam berbagai keanekaragaman dan perbedaan, baik secara individu ataupun kelompok serta budaya.
  • Penghargaan yang tinggi terhadap hak-hak asasi manusia dan saling menghormati dalam perbedaan.
  • Unsur kebersamaan, solidaritas, kerja sama, dan hidup berdampingan secara damai dalam perbedaan.

Komentar