Menurut Pendapat Mu, Apakah Para Laki-Laki dan Perempuan Memiliki Peranan yang Sama dalam Gereja

Menurut pendapat mu, apakah para laki-laki dan perempuan memiliki peranan yang sama dalam gereja? Tuliskan tokoh-tokoh gereja baik laki-laki maupun perempuan ditempat kamu yang mana pelayanannya berkesan bagi mu.

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 4 Allah Pengasih Memulihkan Kehidupan Bergereja, halaman 53.

Jawaban:

Peran Laki-laki dan Perempuan dalam Gereja

Menurut pendapat saya, laki-laki dan perempuan memiliki peran yang sama dalam gereja. Hal ini didasarkan pada ajaran Alkitab yang menyatakan bahwa laki-laki dan perempuan diciptakan dalam citra Allah (Kej. 1:27). Artinya, laki-laki dan perempuan memiliki martabat dan nilai yang sama di hadapan Allah.

Dalam gereja, laki-laki dan perempuan memiliki peran yang saling melengkapi. Laki-laki memiliki kekuatan fisik dan mental yang lebih besar, sehingga mereka lebih cocok untuk memimpin dan mengambil keputusan. Perempuan memiliki kepekaan dan empati yang lebih besar, sehingga mereka lebih cocok untuk melayani dan menolong orang lain.

Berikut adalah beberapa contoh peran laki-laki dan perempuan dalam gereja:

Laki-laki:
  • Memimpin gereja sebagai pendeta, penatua, atau diaken
  • Mengajar dan berkhotbah
  • Memimpin pelayanan misi dan pelayanan sosial

Perempuan:
  • Mengajar dan berkhotbah
  • Memimpin pelayanan anak, remaja, dan wanita
  • Melayani orang-orang yang membutuhkan

Tokoh-tokoh Gereja yang Berkesan

Di gereja tempat saya beribadah, ada beberapa tokoh laki-laki dan perempuan yang pelayanannya berkesan bagi saya.
  • Pak Hator adalah seorang pendeta yang telah melayani gereja selama puluhan tahun. Beliau adalah seorang pemimpin yang bijaksana dan penuh kasih. Beliau selalu mengutamakan kepentingan jemaat dan selalu siap melayani orang lain.
  • Mak Tiar adalah seorang ibu yang aktif melayani di gereja. Beliau adalah seorang guru Alkitab yang berpengalaman dan selalu sabar mengajar anak-anak. Beliau juga seorang sukarelawan yang selalu siap membantu orang-orang yang membutuhkan.

Pelayanan Pak Hator dan Mak Tiar telah menginspirasi saya untuk ikut terlibat dalam pelayanan gereja. Saya belajar bahwa laki-laki dan perempuan memiliki peran yang sama dalam gereja, yaitu untuk saling melayani dan membangun jemaat.

Komentar