Menurut Papa dan Mama, Apa, Sih, Arti Hidup Ini? Bagaimana Cara Papa dan Mama Mensyukuri Hidup yang Allah Berikan pada Kalian?

Daftar pertanyaan untuk orang tua:
  1. Menurut Papa dan  Mama, apa, sih, arti hidup ini?
  2. Bagaimana cara Papa dan Mama mensyukuri hidup yang Allah berikan pada kalian?
  3. Apakah Papa dan Mama percaya dan yakin bahwa Allah memelihara hidup kalian?
  4. Tuliskan contoh atau bukti bahwa Allah memelihara hidup kalian!

Pertanyaan diatas adalah soal Tugas Wawancara dengan Orang Tua, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 2 Hidup Manusia dalam Pemeliharaan Allah, halaman 26.

Jawaban:

Wawancara dengan Orang Tua

Pertanyaan 1: Menurut Papa dan Mama, apa, sih, arti hidup ini?

Jawaban:

Menurut Papa dan Mama, arti hidup ini adalah untuk memuliakan Allah dan mengasihi sesama. Kita diciptakan oleh Allah untuk menjadi serupa dan segambar dengan-Nya. Oleh karena itu, kita harus hidup sesuai dengan kehendak-Nya, yaitu dengan mengasihi Allah dan sesama.

Penjelasan:

Jawaban orang tua tersebut sesuai dengan materi pelajaran hari ini. Arti hidup manusia adalah untuk memuliakan Allah dan mengasihi sesama. Hal ini didasarkan pada Kitab Kejadian 1:26-27 yang menyatakan bahwa Allah menciptakan manusia menurut gambar dan rupa-Nya. Dengan demikian, manusia memiliki tugas untuk menjadi serupa dan segambar dengan Allah, yaitu dengan mengasihi dan melayani sesama.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara Papa dan Mama mensyukuri hidup yang Allah berikan pada kalian?

Jawaban:

Papa dan Mama mensyukuri hidup yang Allah berikan dengan cara:
  • Berdoa setiap hari untuk mengucap syukur kepada Allah.
  • Mematuhi perintah-perintah Allah.
  • Melakukan hal-hal yang baik bagi sesama.
  • Menghargai segala ciptaan Allah.

Penjelasan:

Cara-cara tersebut merupakan bentuk ungkapan syukur kepada Allah atas hidup yang telah diberikan-Nya. Dengan berdoa, kita menunjukkan kepada Allah bahwa kita menyadari dan menghargai segala anugerah yang telah diberikan-Nya. Dengan mematuhi perintah-perintah Allah, kita menunjukkan bahwa kita taat kepada-Nya. Dengan melakukan hal-hal yang baik bagi sesama, kita menunjukkan bahwa kita mengasihi sesama seperti Kristus mengasihi kita. Dan dengan menghargai segala ciptaan Allah, kita menunjukkan bahwa kita bersyukur atas segala yang telah diciptakan-Nya.

Pertanyaan 3: Apakah Papa dan Mama percaya dan yakin bahwa Allah memelihara hidup kalian?

Jawaban:

Ya, Papa dan Mama percaya dan yakin bahwa Allah memelihara hidup kami. Hal ini didasarkan pada pengalaman hidup kami selama ini. Kami telah melihat bagaimana Allah selalu menjaga dan melindungi kami dari segala bahaya. Kami juga telah melihat bagaimana Allah selalu memberikan kekuatan dan pertolongan kepada kami dalam menghadapi berbagai kesulitan.

Penjelasan:

Kesaksian orang tua tersebut juga sesuai dengan materi pelajaran hari ini. Allah adalah pemelihara setia yang memperhatikan, melindungi, dan menyediakan untuk kebutuhan umat-Nya. Hal ini dibuktikan dengan pemeliharaan Allah terhadap umat-Nya dalam berbagai aspek kehidupan, baik jasmani maupun rohani.

Pertanyaan 4: Tuliskan contoh atau bukti bahwa Allah memelihara hidup kalian!

Jawaban:

Berikut adalah beberapa contoh atau bukti bahwa Allah memelihara hidup kami:
  • Ketika Papa mengalami kecelakaan, Allah menjaganya sehingga tidak mengalami luka yang serius.
  • Ketika Mama sakit, Allah memberikan kesembuhan sehingga Mama bisa sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa.
  • Ketika Papa dan Mama mengalami kesulitan ekonomi, Allah memberikan jalan keluar sehingga Papa dan Mama bisa memenuhi kebutuhan hidup.
  • Ketika Papa dan Mama mengalami masalah dalam keluarga, Allah memberikan hikmat dan kekuatan sehingga Papa dan Mama bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Penjelasan:

Contoh-contoh tersebut menunjukkan bahwa Allah selalu hadir dan memelihara hidup umat-Nya. Allah selalu memperhatikan kebutuhan umat-Nya dan memberikan pertolongan kepada mereka dalam menghadapi berbagai kesulitan.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil wawancara dengan orang tua, dapat disimpulkan bahwa orang Kristen memahami dengan benar hidup yang telah Allah anugerahkan bagi mereka. Mereka menyadari bahwa hidup ini adalah untuk memuliakan Allah dan mengasihi sesama. Mereka juga percaya dan yakin bahwa Allah memelihara hidup mereka. Kepercayaan dan keyakinan ini didasarkan pada pengalaman hidup mereka selama ini, di mana mereka telah melihat bagaimana Allah selalu menjaga, melindungi, dan memberikan pertolongan kepada mereka.

Komentar