Menurut Kamu, Apa, Sih, Arti Hidup Ini? Bagaimana Cara Kamu Mensyukuri Hidup yang Allah Berikan Padamu?

Daftar pertanyaan untuk teman sebaya
  1. Menurut  kamu, apa, sih, arti hidup ini?
  2. Bagaimana cara kamu mensyukuri hidup yang Allah berikan padamu?
  3. Apakah kamu percaya dan yakin bahwa Allah memeliharamu?
  4. Tuliskan contoh atau bukti bahwa Allah memelihara hidupmu!

Pertanyaan diatas adalah soal Tugas Wawancara dengan teman sebaya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 2 Hidup Manusia dalam Pemeliharaan Allah, halaman 27.

Jawaban:

Wawancara dengan teman sebaya

Pertanyaan 1: Menurut kamu, apa, sih, arti hidup ini?

Jawaban:

Menurutku, arti hidup ini adalah untuk memuliakan Allah dan menjadi berkat bagi orang lain. Kita diciptakan oleh Allah untuk memiliki hubungan yang intim dengan-Nya dan untuk melakukan kehendak-Nya. Kita juga memiliki tanggung jawab untuk mengasihi sesama dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara kamu mensyukuri hidup yang Allah berikan padamu?

Jawaban:

Aku mensyukuri hidup yang Allah berikan padaku dengan cara:
  • Menyembah dan memuji Allah. Aku memuji Allah karena Dia telah menciptakanku dan memberikanku kehidupan yang penuh berkat.
  • Melakukan kehendak Allah. Aku berusaha untuk hidup sesuai dengan firman Allah dan melakukan apa yang menjadi kehendak-Nya.
  • Mengasihi sesama. Aku mengasihi sesamaku seperti diriku sendiri. Aku berusaha untuk membantu orang lain yang membutuhkan dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Pertanyaan 3: Apakah kamu percaya dan yakin bahwa Allah memeliharamu?

Jawaban:

Ya, aku percaya dan yakin bahwa Allah memeliharaku. Aku melihat pemeliharaan Allah dalam hidupku dalam berbagai hal, seperti:
  • Aku diberikan kesehatan. Aku tidak pernah sakit parah atau menderita penyakit kronis.
  • Aku diberikan keluarga yang baik. Aku memiliki keluarga yang penuh kasih dan mendukungku.
  • Aku diberikan kesempatan untuk belajar. Aku bisa bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang baik.
  • Aku diberikan teman-teman yang baik. Aku memiliki teman-teman yang menyayangiku dan selalu ada untukku.

Pertanyaan 4: Tuliskan contoh atau bukti bahwa Allah memelihara hidupmu!

Jawaban:

Salah satu contoh pemeliharaan Allah dalam hidupku adalah ketika aku mengalami kecelakaan sepeda motor. Saat itu aku sedang dalam perjalanan pulang sekolah. Aku tidak sengaja menabrak mobil yang sedang berhenti di depanku. Aku mengalami luka-luka, tetapi tidak terlalu parah. Aku bersyukur karena aku masih bisa selamat dan tidak mengalami cedera yang serius.

Aku percaya bahwa Allah memelihara hidupku dalam kecelakaan itu. Allah menjagaku agar tidak mengalami cedera yang lebih parah. Aku juga percaya bahwa Allah memberikan aku kesempatan kedua untuk hidup dan menjadi berkat bagi orang lain.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil wawancara dengan teman sebaya, dapat disimpulkan bahwa orang Kristen umumnya memahami dengan benar arti hidup yang telah Allah anugerahkan bagi mereka. Mereka percaya bahwa hidup ini adalah untuk memuliakan Allah dan menjadi berkat bagi orang lain. Mereka juga percaya bahwa Allah memelihara hidup mereka. Keyakinan ini didasarkan pada pengalaman pribadi mereka dan juga ajaran Alkitab.

Namun, perlu diingat bahwa keyakinan akan pemeliharaan Allah bukanlah sesuatu yang instan. Keyakinan ini harus dipupuk dan dikembangkan melalui hubungan yang intim dengan Allah. Kita harus selalu belajar untuk mengenal Allah lebih baik dan untuk percaya kepada-Nya dengan sepenuh hati.

Komentar