Menurut Kalian, Apakah Manusia Perlu Memiliki Moral? Mengapa? Berdasarkan Tulisan Diatas, Apakah Kalian Sudah Memiliki Sikap Moral Sebagaimana Indikator yang Disebutkan di Atas?

Menurut kalian, apakah manusia perlu memiliki moral? Mengapa? Berdasarkan tulisan diatas, apakah kalian sudah memiliki sikap moral sebagaimana indikator yang disebutkan di atas? Jika sudah ucaplah syukur pada Tuhan dan berjanjilah untuk menjadi lebih baik lagi. Jika belum, apakah yang harus diperbaiki dalam diri kalian?

Pertanyaan diatas adalah soal tentang Bermoral, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 7 Nilai-Nilai Kristiani Menjadi Pegangan Hidup Menurut Kitab Galatia, halaman 79.

Jawaban:

Menurut kalian, apakah manusia perlu memiliki moral? Mengapa?

Ya, manusia perlu memiliki moral. Moral adalah seperangkat nilai dan norma yang menjadi pedoman dalam kehidupan manusia. Moral penting dimiliki oleh manusia karena memiliki beberapa fungsi, yaitu:
  • Menjadi pedoman dalam berperilaku. Moral mengajarkan manusia untuk berperilaku baik dan menghindari perilaku buruk. Dengan memiliki moral, manusia akan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang merugikan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.
  • Menjaga ketertiban dan keharmonisan dalam masyarakat. Moral menjadi dasar dalam menciptakan tatanan masyarakat yang tertib dan harmonis. Dengan memiliki moral, manusia akan saling menghormati dan menghargai satu sama lain, sehingga terciptalah suasana yang damai dan nyaman.
  • Mengembangkan diri menjadi pribadi yang baik. Moral dapat membantu manusia untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang baik. Dengan memiliki moral, manusia akan terdorong untuk melakukan hal-hal yang positif, seperti menolong orang lain, jujur, dan bertanggung jawab.

Berdasarkan tulisan diatas, apakah kalian sudah memiliki sikap moral sebagaimana indikator yang disebutkan di atas? Jika sudah ucaplah syukur pada Tuhan dan berjanjilah untuk menjadi lebih baik lagi. Jika belum, apakah yang harus diperbaiki dalam diri kalian?

Saya bersyukur bahwa saya sudah memiliki sebagian sikap moral sebagaimana indikator yang disebutkan di atas. Saya sudah berusaha untuk bersikap kasih, sukacita, damai sejahtera, sabar, murah hati, baik, setia, lemah lembut, dan menguasai diri. Namun, saya masih perlu untuk terus belajar dan memperbaiki diri agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu saya perbaiki dalam diri saya:
  • Kasih. Saya masih perlu untuk lebih mengasihi orang lain, terutama orang-orang yang berbeda dari saya.
  • Sukacita. Saya masih perlu untuk lebih bersyukur atas semua hal yang saya miliki dan lebih sering membantu orang lain.
  • Damai sejahtera. Saya masih perlu untuk lebih sabar dan menahan diri dari kemarahan.
  • Sabar. Saya masih perlu untuk lebih bersabar dan tidak tergesa-gesa dalam menghadapi masalah.
  • Murah hati. Saya masih perlu untuk lebih murah hati dan suka berbagi dengan orang lain.
  • Baik. Saya masih perlu untuk lebih berbuat baik kepada orang lain, bahkan kepada orang-orang yang menyakiti saya.
  • Setia. Saya masih perlu untuk lebih setia kepada Tuhan, orang tua, dan teman-teman saya.
  • Lemah lembut. Saya masih perlu untuk lebih lemah lembut dan tidak kasar dalam bertutur kata maupun bertindak.
  • Menguasai diri. Saya masih perlu untuk lebih menguasai diri dan tidak mudah terpancing emosi.

Saya percaya bahwa dengan terus belajar dan memperbaiki diri, saya akan dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan memiliki moral yang kuat.

Komentar