Menurut Kalian, Apakah “Kabar Baik” yang Harus Diberitakan dan Dilakukan oleh Gereja pada Masa Kini (Peran Gereja Di Masa Kini)?

Menurut kalian, apakah “kabar baik” yang harus diberitakan dan dilakukan oleh gereja pada masa kini (peran gereja di masa kini)?
Tuliskan dalam kotak dibawah ini!

Pertanyaan diatas adalah soal Respons Saya tentang Gereja Pembawa Kabar Baik, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 9 Makna Gereja Bagiku, halaman 119.

Jawaban panjang:

Kabar baik yang harus diberitakan dan dilakukan oleh gereja pada masa kini adalah kabar baik tentang kasih, pengampunan, dan keselamatan yang ditawarkan oleh Yesus Kristus. Kabar baik ini harus diberitakan kepada semua orang, tanpa memandang ras, suku, agama, atau status sosial mereka.

Kabar baik tentang kasih berarti bahwa Allah mengasihi semua orang, bahkan orang-orang berdosa. Kasih Allah ini tidak terbatas, tidak berubah, dan tidak bersyarat. Gereja harus menjadi teladan kasih Allah di dunia ini dengan menunjukkan kasihnya kepada semua orang, termasuk orang-orang yang berbeda dari kita.

Kabar baik tentang pengampunan berarti bahwa Allah mengampuni dosa semua orang yang datang kepada-Nya dengan hati yang bertobat. Pengampunan Allah ini adalah pemberian yang cuma-cuma, tidak berdasar pada perbuatan kita sendiri. Gereja harus menjadi pelayan pengampunan Allah di dunia ini dengan memberitakan kabar baik tentang pengampunan kepada semua orang yang berdosa.

Kabar baik tentang keselamatan berarti bahwa Allah menyediakan keselamatan bagi semua orang yang percaya kepada-Nya. Keselamatan ini adalah pemberian yang cuma-cuma, tidak berdasar pada perbuatan kita sendiri. Gereja harus menjadi saksi keselamatan Allah di dunia ini dengan menunjukkan kehidupan yang saleh dan berbuah.

Selain memberitakan kabar baik, gereja juga harus melakukan tindakan nyata untuk menolong orang-orang yang membutuhkan. Tindakan nyata ini dapat berupa:
  • Membantu orang-orang miskin dan yang tertindas. Gereja harus menjadi agen perubahan sosial yang membela orang-orang yang lemah dan tertindas.
  • Menyebarkan keadilan dan perdamaian. Gereja harus menjadi pejuang keadilan dan perdamaian di dunia ini.
  • Melindungi lingkungan hidup. Gereja harus menjadi penjaga alam dan lingkungan hidup.

Gereja yang benar-benar hidup dalam Kristus akan memberitakan dan melakukan kabar baik ini dengan penuh semangat dan komitmen. Gereja yang demikian akan menjadi berkat bagi dunia dan menjadi saksi Kristus yang nyata di tengah-tengah masyarakat.

Berikut adalah beberapa contoh konkret bagaimana gereja dapat memberitakan dan melakukan kabar baik di masa kini:
  • Gereja dapat mengadakan kegiatan-kegiatan untuk menolong orang-orang miskin dan yang tertindas, seperti bakti sosial, pemberian bantuan sembako, atau pendampingan hukum.
  • Gereja dapat mengadakan kegiatan-kegiatan untuk menyebarkan keadilan dan perdamaian, seperti aksi damai, advokasi untuk kelompok minoritas, atau pendidikan non-formal.
  • Gereja dapat mengadakan kegiatan-kegiatan untuk melindungi lingkungan hidup, seperti penanaman pohon, aksi bersih-bersih lingkungan, atau kampanye pelestarian lingkungan.

Gereja yang hidup dalam Kristus akan selalu mencari cara-cara baru untuk memberitakan dan melakukan kabar baik kepada dunia.

Jawaban singkat:

Kabar baik yang harus diberitakan dan dilakukan oleh gereja pada masa kini adalah kabar baik tentang kasih, pengampunan, dan keselamatan yang ditawarkan oleh Yesus Kristus.

Selain itu, gereja juga harus melakukan tindakan nyata untuk menolong orang-orang yang membutuhkan, seperti membantu orang-orang miskin dan yang tertindas, menyebarkan keadilan dan perdamaian, serta melindungi lingkungan hidup.

Komentar