Menurut Kalian, Apakah di Sekolah Harus Ada Disiplin? Jika Kalian Menjawab Setuju, Jelaskan Alasannya. Ceritakan Bagaimana Pelaksanaan Disiplin di Sekolah Masing- Masing!

Menurut kalian, apakah di sekolah harus ada disiplin? Jika kalian menjawab setuju, jelaskan alasannya, jika kalian menjawab tidak perlu, jelaskan alasannya! Ceritakan bagaimana pelaksanaan disiplin di sekolah masing- masing!

Pertanyaan diatas adalah soal Respons Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 8 Disiplin di Rumah dan di Sekolah, halaman 98.

Jawaban:

Menurutku, di sekolah harus ada disiplin. Disiplin itu penting untuk menciptakan lingkungan sekolah yang tertib dan kondusif, sehingga proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan lancar dan optimal. Disiplin juga penting untuk membentuk karakter peserta didik menjadi pribadi yang bertanggung jawab, disiplin, dan patuh pada aturan.

Alasan-alasan mengapa di sekolah harus ada disiplin:
  • Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang tertib dan kondusif. Disiplin dapat membantu menciptakan suasana sekolah yang tenang dan nyaman bagi semua orang, baik peserta didik, guru, maupun karyawan. Dengan adanya disiplin, peserta didik akan belajar untuk menghormati hak dan kewajibannya, serta menghargai orang lain.
  • Untuk membentuk karakter peserta didik. Disiplin dapat membantu membentuk karakter peserta didik menjadi pribadi yang bertanggung jawab, disiplin, dan patuh pada aturan. Dengan adanya disiplin, peserta didik akan belajar untuk menaati aturan dan norma yang berlaku, serta menyelesaikan tugas-tugasnya dengan tepat waktu.
  • Untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Disiplin dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Dengan adanya disiplin, peserta didik akan lebih fokus dan berkonsentrasi dalam belajar, sehingga hasil belajarnya pun akan lebih baik.

Pelaksanaan disiplin di sekolahku:

Di sekolahku, disiplin diterapkan dengan baik dan konsisten. Sekolahku memiliki peraturan yang jelas dan tegas, serta sanksi yang jelas pula bagi peserta didik yang melanggar peraturan. Peraturan-peraturan tersebut mencakup berbagai aspek, seperti:
  • Kehadiran: Peserta didik diwajibkan hadir di sekolah tepat waktu dan tidak boleh meninggalkan sekolah tanpa izin dari guru piket.
  • Pakaian: Peserta didik diwajibkan mengenakan seragam sekolah sesuai ketentuan.
  • Kebersihan: Peserta didik diwajibkan menjaga kebersihan lingkungan sekolah, baik kelas maupun lingkungan sekitar sekolah.
  • Perilaku: Peserta didik diwajibkan berperilaku sopan dan santun kepada guru, teman, dan semua orang di lingkungan sekolah.

Pelaksanaan disiplin di sekolahku dilakukan oleh guru, kepala sekolah, dan komite sekolah. Guru-guru berperan untuk mengawasi dan menegur peserta didik yang melanggar peraturan. Kepala sekolah berperan untuk memastikan bahwa peraturan sekolah diterapkan secara konsisten. Komite sekolah berperan untuk memberikan dukungan kepada sekolah dalam menerapkan disiplin.

Contoh pelaksanaan disiplin di sekolahku:
  • Jika peserta didik terlambat datang ke sekolah, maka akan diberi teguran oleh guru piket.
  • Jika peserta didik tidak mengenakan seragam sekolah sesuai ketentuan, maka akan diminta untuk menggantinya.
  • Jika peserta didik membuang sampah sembarangan, maka akan diminta untuk membersihkannya kembali.
  • Jika peserta didik berkelahi atau melakukan tindakan kekerasan, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan sekolah.

Komentar