Menurut Kalian, Apa yang Dimaksudkan dengan Ciptaan Baru? Tuliskan Pendapat Kalian pada Lembar Kerja Terpisah!

Sebelum kalian berproses dan menelusuri serta membahas tema ini, berilah tanggapan atas pertanyaan berikut ini!

Menurut kalian, apa yang dimaksudkan dengan ciptaan baru? Tuliskan pendapat kalian pada lembar kerja terpisah!

Pertanyaan diatas adalah soal Kegiatan 1: Memberi Tanggapan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 5 Menjadi Ciptaan Baru, halaman 54.

Jawaban:

Tanggapan tentang Ciptaan Baru

Menurut saya, ciptaan baru adalah keadaan manusia yang telah diubah oleh kuasa Allah melalui iman kepada Yesus Kristus. Dalam keadaan ini, manusia tidak lagi hidup dalam dosa dan kegelapan, melainkan hidup dalam kebenaran dan terang.

Ciptaan baru ini merupakan karya agung Allah yang dilakukan melalui kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. Melalui kematian-Nya, Yesus telah menebus dosa manusia dan membebaskan mereka dari kuasa dosa. Melalui kebangkitan-Nya, Yesus telah memberikan kehidupan baru kepada manusia.

Ciptaan baru ini memiliki beberapa dimensi, yaitu:
  • Dimensi vertikal: Ciptaan baru adalah hubungan baru antara manusia dengan Allah. Manusia yang telah menjadi ciptaan baru memiliki hubungan yang intim dengan Allah. Mereka mengenal Allah secara pribadi dan mengalami kasih karunia-Nya.
  • Dimensi horizontal: Ciptaan baru adalah hubungan baru antara manusia dengan sesamanya. Manusia yang telah menjadi ciptaan baru memiliki kasih dan pengampunan bagi sesamanya. Mereka hidup dalam damai dan persekutuan.
  • Dimensi internal: Ciptaan baru adalah perubahan yang terjadi dalam diri manusia. Manusia yang telah menjadi ciptaan baru memiliki hati yang baru, pikiran yang baru, dan perilaku yang baru. Mereka hidup sesuai dengan kehendak Allah.

Ciptaan baru adalah suatu anugerah yang luar biasa dari Allah. Melalui ciptaan baru, manusia memiliki kesempatan untuk hidup dalam kasih karunia Allah dan menjadi saksi bagi dunia.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana ciptaan baru dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari:
  • Manusia yang telah menjadi ciptaan baru akan memiliki kasih dan pengampunan bagi orang lain, bahkan bagi orang yang telah menyakiti mereka.
  • Manusia yang telah menjadi ciptaan baru akan hidup dalam kejujuran dan keadilan, bahkan ketika hal itu sulit untuk dilakukan.
  • Manusia yang telah menjadi ciptaan baru akan hidup dalam perdamaian dan kerukunan dengan sesamanya, bahkan ketika ada perbedaan.

Jadi, ciptaan baru bukanlah sekadar konsep abstrak, melainkan suatu realitas yang dapat dialami oleh setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus.

Komentar