Menurut Kalian, Apa Arti Mengampuni? Mengapa Manusia Membutuhkan Pengampunan Allah?

1. Lalu, menurut kalian, apa arti mengampuni?
2. Mengapa manusia membutuhkan pengampunan Allah?
3. Mengapa manusia diminta untuk mengampuni sesamanya?

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 3 Meneladani Yesus dalam Mengampuni, halaman 32.

Jawaban:

1. Menurut kalian, apa arti mengampuni?

Menurut saya, mengampuni berarti memaafkan seseorang dengan tulus hati, membebaskan seseorang dari beban rasa bersalah serta tidak mengungkit-ungkit lagi kesalahannya. Pengampunan juga berarti melepaskan diri dari rasa sakit, kemarahan, dan kebencian yang disebabkan oleh kesalahan orang lain.

Penjelasan:

Mengampuni bukanlah hal yang mudah. Kita perlu belajar untuk memaafkan orang lain dengan tulus hati, tanpa syarat, dan tanpa pamrih. Kita perlu memahami bahwa semua orang pernah berbuat salah, termasuk diri kita sendiri. Kita juga perlu menyadari bahwa pengampunan tidak berarti kita menyetujui kesalahan yang dilakukan orang lain. Pengampunan adalah keputusan untuk melepaskan diri dari rasa sakit dan dendam, dan untuk melanjutkan hidup.

2. Mengapa manusia membutuhkan pengampunan Allah?

Manusia membutuhkan pengampunan Allah karena setiap manusia telah berbuat dosa. Dosa adalah pelanggaran terhadap hukum Allah. Dosa membuat kita terpisah dari Allah dan dari sesama kita. Pengampunan Allah dapat memulihkan hubungan kita dengan Allah dan dengan sesama kita.

Penjelasan:

Dosa adalah sesuatu yang sangat serius. Dosa dapat menyebabkan kematian kekal. Oleh karena itu, kita membutuhkan pengampunan Allah untuk menyelamatkan kita dari dosa dan hukumannya.

3. Mengapa manusia diminta untuk mengampuni sesamanya?

Manusia diminta untuk mengampuni sesamanya karena pengampunan adalah bagian dari kasih. Kasih adalah perintah utama yang diberikan Yesus kepada kita. Mengampuni sesama adalah cara kita menunjukkan kasih kepada mereka.

Penjelasan:

Kasih adalah tindakan yang tidak menuntut balasan. Kasih juga berarti rela berkorban demi orang lain. Mengampuni sesama adalah tindakan kasih yang dapat menyembuhkan luka hati dan memperbaiki hubungan yang rusak.

Kesimpulan

Mengampuni adalah hal yang penting bagi kehidupan kita. Pengampunan dapat membawa kedamaian, sukacita, dan pemulihan dalam hidup kita.

Komentar