Mendiskusikan Mengenai: Pemeliharaan Allah Bagi Keluarga Kalian! Apa arti Allah memelihara hidup kita? Bagaimana Allah memelihara orangtua, saudara-saudara, dan diri kalian bahkan keluarga besar kalian?

Setelah mempelajari materi tersebut di atas, lakukan kegiatan berbagi pengalaman dengan teman sebangku atau jika jumlah siswa banyak, kalian dapat membagi kelompok dan mendiskusikan mengenai: pemeliharaan Allah bagi keluarga kalian! Apa arti Allah memelihara hidup kita? Bagaimana Allah memelihara orangtua, saudara-saudara, dan diri kalian bahkan keluarga besar kalian? Bagaimana sikap yang dapat kalian tunjukan sebagai manusia, sebagai orang beriman yang percaya pada pemeliharaan Allah? Dapat dikemukakan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam keluarga yang kalian yakini sebagai bentuk pemeliharaan Allah. Kalian juga dapat membuat gambar kolase tentang pemeliharaan Allah terhadap keluarga masing-masing. Pada tiap gambar ditulis peristiwa apa dan bagaimana Tuhan memelihara. Presentasikan hasil diskusi dan sharing di depan kelas! Guru akan memberikan penilaian!

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 2 Hidup Manusia dalam Pemeliharaan Allah, halaman 22.

Jawaban:

Pemeliharaan Allah bagi Keluarga

Allah memelihara hidup kita berarti Allah selalu menyertai dan menjaga kita dalam segala hal, baik dalam suka maupun duka. Allah memelihara orangtua kita dengan memberikan mereka kesehatan, kekuatan, dan hikmat untuk membesarkan dan mendidik kita. Allah memelihara saudara-saudara kita dengan memberikan mereka kasih, pengertian, dan saling menopang. Allah memelihara diri kita dengan memberikan kita perlindungan, pertolongan, dan berkat.

Berikut ini adalah beberapa peristiwa yang terjadi dalam keluarga saya yang saya yakini sebagai bentuk pemeliharaan Allah:
  • Ketika saya sakit, orangtua saya selalu merawat saya dengan sabar dan penuh kasih sayang. Mereka juga membawa saya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Saya bersyukur karena Allah telah memelihara kesehatan saya dan memberikan orangtua yang menyayangi saya.
  • Ketika saya mengalami kesulitan dalam belajar, kakak saya selalu membantu saya. Dia menjelaskan materi pelajaran yang saya tidak mengerti dengan sabar. Saya bersyukur karena Allah telah memelihara saya dengan memberikan kakak yang baik hati dan suka menolong.

Berikut ini adalah beberapa sikap yang dapat kita tunjukkan sebagai orang beriman yang percaya pada pemeliharaan Allah:
  • Selalu bersyukur. Kita harus senantiasa bersyukur atas segala berkat dan pemeliharaan yang telah Tuhan berikan kepada kita, baik yang besar maupun yang kecil.
  • Memelihara hubungan dengan Tuhan. Kita harus senantiasa memelihara hubungan kita dengan Tuhan melalui doa, membaca Alkitab, dan beribadah.
  • Menyayangi sesama manusia. Kita harus mengasihi sesama manusia seperti Tuhan mengasihi kita.

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar kolase tentang pemeliharaan Allah terhadap keluarga: (gambarnya cari sendiri ya di google...) 
  • Gambar keluarga sedang berdoa. Gambar ini dapat menunjukkan bahwa keluarga tersebut percaya pada pemeliharaan Allah dan selalu berdoa memohon pertolongan-Nya.
  • Gambar keluarga sedang merayakan Natal. Gambar ini dapat menunjukkan bahwa keluarga tersebut bersyukur atas kelahiran Yesus Kristus, yang merupakan Juruselamat mereka.
  • Gambar keluarga sedang membantu sesama. Gambar ini dapat menunjukkan bahwa keluarga tersebut mengasihi sesama manusia dan ingin menjadi berkat bagi orang lain.

Komentar