Melalui Permainan yang Telah Kalian Lakukan, Tuliskanlah Tiga Hal Penting tentang Komunikasi! Tuliskan pada Kertas Kerja Kalian!

Melalui permainan yang telah kalian lakukan, tuliskanlah tiga hal penting tentang komunikasi! Tuliskan pada kertas kerja kalian!

Pertanyaan diatas adalah soal Kegiatan 2: Menulis, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 4 Komunikasi Keluarga, halaman 41.

Jawaban:

Tiga hal penting tentang komunikasi yang dapat kita pelajari dari permainan pesan berantai adalah:

1. Kejelasan

Pesan yang disampaikan harus jelas dan mudah dimengerti oleh penerima pesan. Hal ini penting agar pesan tersebut dapat diterima dengan baik dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Dalam permainan pesan berantai, jika pesan yang disampaikan tidak jelas, maka penerima pesan akan kesulitan untuk memahaminya. Hal ini dapat menyebabkan pesan tersebut sampai ke anggota keluarga terakhir dengan perubahan atau penambahan informasi.

Oleh karena itu, penting untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh penerima pesan.

2. Ketelitian

Penerima pesan harus mendengarkan pesan dengan cermat dan teliti. Hal ini penting agar penerima pesan dapat memahami pesan dengan benar.

Dalam permainan pesan berantai, jika penerima pesan tidak teliti dalam mendengarkan pesan, maka ia akan kesulitan untuk memahaminya. Hal ini dapat menyebabkan pesan tersebut sampai ke anggota keluarga terakhir dengan perubahan atau penambahan informasi.

Oleh karena itu, penting untuk mendengarkan pesan dengan cermat dan teliti agar pesan tersebut dapat diterima dengan benar.

3. Keterbukaan

Penerima pesan harus menerima pesan dengan terbuka dan tidak bias. Hal ini penting agar penerima pesan dapat memahami pesan dengan tepat.

Dalam permainan pesan berantai, jika penerima pesan bias dalam menerima pesan, maka ia akan cenderung untuk mengubah atau menambahkan informasi dalam pesan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan pesan tersebut sampai ke anggota keluarga terakhir dengan perubahan atau penambahan informasi.

Oleh karena itu, penting untuk menerima pesan dengan terbuka dan tidak bias agar pesan tersebut dapat diterima dengan tepat.

Komentar