Langkah Apa yang Harus Dilakukan agar Kalian Mamu Menanggalkan Kehidupan Lama yang Buruk dan Menata Menjadi Lebih Baik?

Langkah apa yang harus dilakukan agar kalian mamu menanggalkan kehidupan lama yang buruk dan menata menjadi lebih baik?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Kegiatan 5: Berdiskusi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 5 Menjadi Ciptaan Baru, halaman 59.

Jawaban:

Langkah-langkah untuk menanggalkan kehidupan lama yang buruk dan menata menjadi lebih baik

Berdasarkan pemaparan materi Bab 5 “Menjadi Ciptaan Baru”, maka langkah-langkah untuk menanggalkan kehidupan lama yang buruk dan menata menjadi lebih baik adalah sebagai berikut:

1. Menyadari bahwa kehidupan lama kita buruk
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyadari bahwa kehidupan lama kita buruk. Hal ini penting untuk dilakukan agar kita memiliki motivasi untuk berubah. Kita perlu menyadari bahwa kehidupan lama kita penuh dengan dosa, kesalahan, dan keburukan. Kita juga perlu menyadari bahwa kehidupan lama kita tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

2. Menyepakati untuk berubah
Setelah menyadari bahwa kehidupan lama kita buruk, maka langkah selanjutnya adalah menyepakati untuk berubah. Hal ini penting untuk dilakukan agar kita memiliki komitmen untuk berubah. Kita perlu bertekad untuk meninggalkan kehidupan lama kita dan memulai kehidupan yang baru.

3. Melakukan pertobatan
Pertobatan adalah langkah penting untuk menjadi ciptaan baru. Pertobatan berarti mengakui dosa-dosa kita dan memohon pengampunan kepada Tuhan. Pertobatan juga berarti berbalik dari hidup yang lama dan memulai hidup yang baru di dalam Kristus.

4. Meminta pertolongan Tuhan
Kita tidak dapat mengubah diri kita sendiri. Kita membutuhkan pertolongan Tuhan untuk menjadi ciptaan baru. Kita perlu berdoa kepada Tuhan dan meminta pertolongan-Nya untuk mengubah hati dan pikiran kita.

5. Menata kehidupan baru
Setelah kita melalui langkah-langkah di atas, maka kita siap untuk menata kehidupan baru. Kita perlu membangun kehidupan baru yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Kita perlu belajar untuk hidup dalam kebenaran, kasih, dan damai sejahtera.

Berikut adalah beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing langkah tersebut:

1. Menyadari bahwa kehidupan lama kita buruk

Untuk menyadari bahwa kehidupan lama kita buruk, kita perlu introspeksi diri. Kita perlu melihat kembali kehidupan kita dan menilainya dengan jujur. Kita perlu bertanya kepada diri sendiri apakah kehidupan kita sudah sesuai dengan kehendak Tuhan.

Kita juga perlu melihat kehidupan orang lain. Kita dapat belajar dari kesalahan orang lain agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama.

2. Menyepakati untuk berubah

Setelah menyadari bahwa kehidupan lama kita buruk, maka kita perlu menyepakati untuk berubah. Hal ini penting untuk dilakukan agar kita memiliki komitmen untuk berubah.

Kita dapat menyepakati untuk berubah dengan cara berdoa kepada Tuhan. Kita dapat meminta Tuhan untuk memberi kita kekuatan untuk berubah.

Kita juga dapat menyepakati untuk berubah dengan cara membuat komitmen kepada diri sendiri. Kita dapat menuliskan komitmen tersebut dan menaruhnya di tempat yang mudah kita lihat.

3. Melakukan pertobatan

Pertobatan adalah langkah penting untuk menjadi ciptaan baru. Pertobatan berarti mengakui dosa-dosa kita dan memohon pengampunan kepada Tuhan.

Kita dapat melakukan pertobatan dengan cara berdoa kepada Tuhan. Kita dapat mengakui dosa-dosa kita kepada Tuhan dan memohon pengampunan-Nya.

Kita juga dapat melakukan pertobatan dengan cara melakukan hal-hal yang baik. Kita dapat melakukan hal-hal yang baik sebagai tanda pertobatan kita kepada Tuhan.

4. Meminta pertolongan Tuhan

Kita tidak dapat mengubah diri kita sendiri. Kita membutuhkan pertolongan Tuhan untuk menjadi ciptaan baru. Kita perlu berdoa kepada Tuhan dan meminta pertolongan-Nya untuk mengubah hati dan pikiran kita.

Kita dapat meminta pertolongan Tuhan dengan cara berdoa kepada-Nya dengan sungguh-sungguh. Kita juga dapat membaca Alkitab dan merenungkan firman Tuhan.

5. Menata kehidupan baru

Setelah kita melalui langkah-langkah di atas, maka kita siap untuk menata kehidupan baru. Kita perlu membangun kehidupan baru yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Kita dapat menata kehidupan baru dengan cara hidup dalam kebenaran, kasih, dan damai sejahtera. Kita juga dapat menata kehidupan baru dengan cara rajin beribadah kepada Tuhan dan melayani sesama.

Demikianlah langkah-langkah untuk menanggalkan kehidupan lama yang buruk dan menata menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat.

Komentar