Lakukan Sharing dengan Teman Sebangku Kalian Mengenai Pemahaman dan Pengalaman Berkaitan dengan Multikultur dan Multi Kultur (X) sebagai Pemberian Allah

Lakukan sharing dengan teman sebangku kalian mengenai pemahaman dan pengalaman berkaitan dengan multikultur dan multi kultur (X) sebagai pemberian Allah. Bahwa tidak ada seorangpun manusia yang bisa memilih dilahirkan oleh orang tua tertentu, memiliki suku tertentu dan daerah kelahiran tertentu semuanya merupakan pemberian Sang Maha Kuasa! Hasil sharing dapat dipresentasikan didepan kelas atau ditulis kemudian diberi nilai oleh guru dan orang tua kalian.

Pertanyaan diatas adalah soal Response Saya nomor 2, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 10 Multi Kultur, halaman 146.

Jawaban:

Sharing dengan teman sebangku tentang multikultur dan multikultur sebagai pemberian Allah

Aku: Hai [nama teman sebangku], apa kabar? Pada hari ini kita akan membahas materi multikultur dan multikultur sebagai pemberian Allah. Menurutmu, apa itu multikultur?

Teman sebangku: Menurutku, multikultur adalah keberagaman budaya yang ada di suatu masyarakat.

Aku: Benar. Multikultur merupakan suatu kondisi di mana terdapat berbagai macam kebudayaan yang hidup berdampingan dalam suatu masyarakat. Kebudayaan tersebut dapat berupa suku bangsa, agama, ras, bahasa, dan adat istiadat.

Menurutmu, mengapa multikultur dapat dikatakan sebagai pemberian Allah?

Teman sebangku: Karena Allah menciptakan manusia dalam berbagai macam suku bangsa dan budaya.

Aku: Benar. Dalam Alkitab, Allah menciptakan manusia dalam berbagai macam suku bangsa dan bahasa. Hal ini dapat kita lihat dalam kisah Menara Babel. Ketika manusia hendak mendirikan menara yang menjulang tinggi hingga ke langit, Allah mengacaukan bahasa mereka sehingga mereka tidak dapat saling mengerti. Akibatnya, mereka pun tercerai berai dan hidup di berbagai tempat dengan bahasa dan budaya yang berbeda-beda.

Perbedaan-perbedaan tersebut bukanlah suatu kebetulan. Allah menciptakan manusia dalam berbagai macam suku bangsa dan budaya dengan tujuan tertentu. Salah satu tujuannya adalah agar manusia dapat saling mengenal dan belajar dari satu sama lain.

Teman sebangku: Ya, aku setuju. Dengan adanya perbedaan, kita dapat saling belajar dan memahami budaya satu sama lain.

Aku: Selain itu, perbedaan juga dapat memperkaya kehidupan manusia. Setiap suku bangsa memiliki kebudayaan yang unik dan khas. Kebudayaan-kebudayaan tersebut dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi kita untuk terus belajar dan berkembang.

Teman sebangku: Aku jadi sadar bahwa multikultur adalah suatu anugerah. Kita harus bersyukur karena Allah menciptakan kita dalam berbagai macam suku bangsa dan budaya.

Aku: Iya, kita harus bersyukur karena Allah menciptakan kita dalam berbagai macam suku bangsa dan budaya. Perbedaan-perbedaan tersebut bukanlah suatu ancaman, melainkan suatu kekayaan yang dapat memperkaya kehidupan kita.

Kesimpulan

Multikultur merupakan suatu anugerah yang harus kita syukuri. Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada. Dengan demikian, kita dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai.

Komentar