Lakukan Diskusi dalam Kelompok Berkaitan dengan Ibadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab. Apakah Keluarga Kamu Melakukan Doa Bersama?

Hasil diskusi kelompok dipresentasikan dan dinilai oleh guru. Sebagai tindak lanjut dari hasil diskusi, kamu dan teman-teman dapat merencanakan ibadah bersama ataupun membentuk kelompok penelaahan Alkitab sebagai sarana untuk berbagi dalam iman.

Lakukan diskusi dalam kelompok berkaitan dengan ibadah, berdoa, dan membaca  Alkitab.  Apakah  keluarga  kamu  melakukan  doa  bersama?  Jika ya, apakah dilakukan pada setiap hari ataukah setiap Minggu (selain pergi ke gereja dan ibadah lainnya). Jika tidak melakukan ibadah bersama, apa alasannya? Apakah kamu secara pribadi melakukan saat teduh ataupun berdoa dan membaca Alkitab? Apakah ada dampak dari kesetiaan kamu beribadah, berdoa dan membaca Alkitab?

Hasil diskusi kelompok dipresentasikan dan dinilai oleh guru. Sebagai tindak lanjut dari hasil diskusi, kamu dan teman-teman dapat merencanakan ibadah bersama ataupun membentuk kelompok penelaahan Alkitab sebagai sarana untuk berbagi dalam iman.

Pertanyaan diatas adalah soal Diskusi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 5 Setia Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab, halaman 60.

Jawaban:

Diskusi Ibadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab

Kelompok: 1

Anggota:
[Nama 1]
[Nama 2]
[Nama 3]

Pertanyaan:

Apakah keluargamu melakukan doa bersama? Jika ya, apakah dilakukan pada setiap hari ataukah setiap Minggu (selain pergi ke gereja dan ibadah lainnya). Jika tidak melakukan ibadah bersama, apa alasannya?

Jawaban:

[Nama 1]: Keluarga saya melakukan doa bersama setiap hari sebelum tidur. Doa bersama ini dipimpin oleh ayah saya. Kami berdoa untuk mengucap syukur atas segala berkat yang kami terima hari itu, dan memohon perlindungan Tuhan untuk hari esok.

[Nama 2]: Keluarga saya melakukan doa bersama setiap Minggu sebelum pergi ke gereja. Doa bersama ini dipimpin oleh ibu saya. Kami berdoa untuk mengucap syukur atas segala berkat yang kami terima selama seminggu, dan memohon bimbingan Tuhan dalam menjalani kehidupan kami.

[Nama 3]: Keluarga saya tidak melakukan doa bersama. Hal ini karena orang tua saya bekerja di pagi hari, sehingga tidak ada waktu untuk berkumpul bersama.

Pertanyaan:

Apakah kamu secara pribadi melakukan saat teduh ataupun berdoa dan membaca Alkitab?

Jawaban:

[Nama 1]: Saya secara pribadi melakukan saat teduh setiap hari sebelum tidur. Saat teduh saya lakukan dengan membaca Alkitab dan berdoa. Saya berdoa untuk mengucap syukur atas segala berkat yang saya terima, dan memohon bimbingan Tuhan dalam menjalani kehidupan saya.

[Nama 2]: Saya secara pribadi melakukan doa dan membaca Alkitab setiap hari. Saya berdoa untuk mengucap syukur atas segala berkat yang saya terima, dan memohon bimbingan Tuhan dalam menjalani kehidupan saya. Saya membaca Alkitab untuk mempelajari firman Tuhan dan memperdalam pemahaman saya tentang iman Kristen.

[Nama 3]: Saya secara pribadi melakukan doa dan membaca Alkitab setiap Minggu. Saya berdoa untuk mengucap syukur atas segala berkat yang saya terima selama seminggu, dan memohon bimbingan Tuhan dalam menjalani kehidupan saya. Saya membaca Alkitab untuk mempelajari firman Tuhan dan memperdalam pemahaman saya tentang iman Kristen.

Pertanyaan:

Apakah ada dampak dari kesetiaan kamu beribadah, berdoa dan membaca Alkitab?

Jawaban:

[Nama 1]: Kesetiaan saya beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab membuat saya semakin dekat dengan Tuhan. Saya merasa tenang dan damai dalam menjalani kehidupan saya. Saya juga memiliki semangat yang lebih besar untuk melakukan hal-hal yang baik.

[Nama 2]: Kesetiaan saya beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab membuat saya semakin memahami tentang iman Kristen. Saya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang firman Tuhan, dan saya dapat menerapkannya dalam kehidupan saya. Saya juga memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

[Nama 3]: Kesetiaan saya beribadah, berdoa, dan membaca Alkitab membuat saya semakin kuat dalam iman. Saya memiliki keyakinan yang lebih besar kepada Tuhan, dan saya tidak mudah goyah dalam menghadapi tantangan hidup.

Tindak Lanjut:

Sebagai tindak lanjut dari hasil diskusi ini, kami berencana untuk mengadakan ibadah bersama di rumah salah satu anggota kelompok. Ibadah ini akan dipimpin oleh salah satu anggota kelompok yang memiliki pengalaman dalam memimpin ibadah.

Selain itu, kami juga berencana untuk membentuk kelompok penelaahan Alkitab. Kelompok ini akan terdiri dari anggota kelompok dan teman-teman yang memiliki minat untuk mempelajari firman Tuhan. Kelompok ini akan bertemu setiap minggu untuk membahas suatu topik tertentu dari Alkitab.

Kesimpulan:

Ibadah, berdoa, dan membaca Alkitab merupakan hal yang penting bagi orang Kristen. Hal-hal ini merupakan napas hidup orang beriman, dan dapat membawa dampak positif bagi kehidupan orang percaya.

Kami berharap, melalui diskusi ini, kita dapat semakin memahami pentingnya ibadah, berdoa, dan membaca Alkitab. Semoga kita dapat terus setia dalam melakukan hal-hal ini, sehingga iman kita semakin bertumbuh.

Komentar