Kesan Apa yang Kamu Peroleh dari Lagu Karya Dewa Budjana dari Kelompok Gigi di Atas? Apa yang Dimaksudkan Ketika Nyanyian Itu Mengatakan “Kita Semua Saling Bersaudara”?

Kesan apa yang kamu peroleh dari lagu karya Dewa Budjana dari kelompok Gigi di atas? Apa yang dimaksudkan ketika nyanyian itu mengatakan “Kita semua saling bersaudara”?

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 8 Menjadi Pembawa Damai Sejahtera, halaman 109.

Jawaban:

Kesan yang saya peroleh dari lagu “Rindukan Damai” oleh Dewa Budjana dari kelompok Gigi di atas adalah:
  • Lagu ini menggambarkan tentang rasa rindu akan kedamaian di dunia.
  • Lagu ini juga mengajak kita untuk saling memaafkan, berpelukan, dan hidup rukun tanpa perang, kelicikan, dan tangis kelaparan.
  • Lagu ini juga mengingatkan kita bahwa kita semua adalah saudara, yang harus saling mengampuni dan mengasihi.

Maksud dari nyanyian “Kita semua saling bersaudara” adalah:
  • Kita semua adalah manusia, yang diciptakan oleh Allah dengan derajat yang sama.
  • Kita semua berasal dari satu sumber, yaitu Allah.
  • Kita semua memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk hidup damai dan bahagia.

Penjelasan:

Lagu “Rindukan Damai” adalah lagu yang sangat relevan dengan materi Bab 8 Menjadi Pembawa Damai Sejahtera. Lagu ini mengajak kita untuk menjadi pembawa damai sejahtera di dunia.

Untuk menjadi pembawa damai sejahtera, kita harus terlebih dahulu memiliki hati yang damai. Hati yang damai adalah hati yang penuh kasih, pengampunan, dan pengertian. Dengan hati yang damai, kita akan mampu untuk memaafkan orang lain, berpelukan dengan orang lain, dan hidup rukun dengan orang lain.

Lagu ini juga mengingatkan kita bahwa kita semua adalah saudara. Sebagai saudara, kita harus saling mengasihi dan mengampuni. Kita harus saling membantu dan menolong. Dengan saling mengasihi dan mengampuni, kita akan dapat menciptakan dunia yang damai sejahtera.

Komentar