Kalian Telah Menyanyikan Lagu Dari “Kuutus Kau” di Atas. Tuliskan Tanggapan Kalian atas Setiap Bait pada Syair Lagu Tersebut!

Kalian telah menyanyikan lagu dari “Kuutus Kau” di atas. Tuliskan tanggapan kalian atas setiap bait pada syair lagu tersebut! Tuliskanlah di kertas kerja kalian atau pada buku!

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 9 Spirit Perdamaian dalam Budaya Indonesia, halaman 98.

Jawaban:

Tanggapan atas setiap bait lagu NKB. 210 - “Kuutus Kau”

Bait 1

Pada bait pertama, lagu ini mengajak kita untuk mengabdi kepada Tuhan tanpa pamrih. Artinya, kita harus melayani Tuhan dengan tulus dan ikhlas, tanpa mengharapkan imbalan. Kita harus berkarya terus dengan hati teguh, meskipun harus menghadapi tantangan dan kesulitan.

Tanggapan:

Tanggapan saya atas bait pertama ini adalah bahwa kita sebagai umat Kristen harus memiliki semangat melayani Tuhan dengan sepenuh hati. Kita harus rela meninggalkan kepentingan pribadi dan mengutamakan kepentingan Tuhan. Kita juga harus siap menghadapi tantangan dan kesulitan dalam pelayanan kita.

Bait 2

Pada bait kedua, lagu ini mengajak kita untuk membalut yang terluka dan menolong jiwa yang berkeluh kesah. Artinya, kita harus peduli kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan. Kita harus menanggung susah dan derita dunia bersama mereka.

Tanggapan:

Tanggapan saya atas bait kedua ini adalah bahwa kita sebagai umat Kristen harus memiliki semangat menolong sesama. Kita harus menjadi saluran berkat bagi orang-orang yang membutuhkan. Kita harus ikut merasakan penderitaan mereka dan berusaha untuk meringankan beban mereka.

Bait 3

Pada bait ketiga, lagu ini mengajak kita untuk mengasihi orang-orang yang tersisih. Artinya, kita harus merangkul orang-orang yang merasa sendiri dan tidak memiliki teman. Kita harus menunjukkan kasih kita kepada mereka.

Tanggapan:

Tanggapan saya atas bait ketiga ini adalah bahwa kita sebagai umat Kristen harus memiliki semangat mengasihi sesama. Kita harus menunjukkan kasih kita kepada semua orang, tanpa memandang status sosial atau latar belakang mereka.

Bait 4

Pada bait keempat, lagu ini mengajak kita untuk meninggalkan ambisi dan nafsu diri. Artinya, kita harus mengutamakan kepentingan bersama dan tidak mementingkan diri sendiri. Kita harus bekerja sama dengan sesama untuk membangun dunia yang lebih baik.

Tanggapan:

Tanggapan saya atas bait keempat ini adalah bahwa kita sebagai umat Kristen harus memiliki semangat kesatuan. Kita harus bekerja sama dengan sesama untuk mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan di dunia.

Bait 5

Pada bait kelima, lagu ini mengajak kita untuk mencari sesama kita yang terbelenggu oleh dosa. Artinya, kita harus membantu orang-orang yang tersesat dan membutuhkan pertolongan. Kita harus menunjukkan kasih Kristus kepada mereka.

Tanggapan:

Tanggapan saya atas bait kelima ini adalah bahwa kita sebagai umat Kristen harus memiliki semangat penginjilan. Kita harus membagikan kasih Kristus kepada semua orang, termasuk orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

Kesimpulan

Lagu “Kuutus Kau” mengajak kita untuk menjadi umat Kristen yang melayani Tuhan dan sesama dengan sepenuh hati. Kita harus memiliki semangat perdamaian dan kesatuan, serta semangat penginjilan. Dengan semangat ini, kita dapat mewujudkan dunia yang lebih baik.

Penerapan dalam kehidupan sehari-hari

Berikut adalah beberapa contoh penerapan semangat lagu “Kuutus Kau” dalam kehidupan sehari-hari:
  • Kita dapat menjadi sukarelawan di panti asuhan atau panti jompo untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.
  • Kita dapat bergabung dengan organisasi kemanusiaan untuk membantu korban bencana alam atau konflik.
  • Kita dapat menjadi mentor atau tutor untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung.
  • Kita dapat menjadi saksi Kristus kepada orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

Dengan menerapkan semangat lagu “Kuutus Kau” dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjadi berkat bagi sesama dan mewujudkan perdamaian di dunia.

Komentar