Kalian Telah Menyanyikan Lagu dari NKB 35 “Seluruh Alam Tak Henti.” Kini, Tuliskan Tanggapan Kalian atas Syair di dalam Tiap Bait Lagu Tersebut

Kalian telah menyanyikan lagu dari NKB 35 “Seluruh Alam Tak Henti.” Kini, tuliskan tanggapan kalian atas syair di dalam tiap bait lagu tersebut! Tuliskan di kertas kerja kalian atau pada buku!

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 12 Bahaya Kerusakan Alam, halaman 132.

Jawaban:

Tanggapan atas Syair Lagu NKB 35 "Seluruh Alam Tak Henti"

Bait 1:

Syair ini menggambarkan betapa seluruh alam semesta, mulai dari matahari dan bintang yang bersinar hingga samudra raya dan hujan yang turun, semuanya dengan tak henti-hentinya memuliakan Sang Pencipta. Matahari dan bintang bernyanyi merdu, samudra dan hujan memuji dengan riang. Ini melukiskan keindahan dan keagungan ciptaan Tuhan yang secara alami memancarkan pujian bagi-Nya.

Bait 2:

Di bait kedua, fokus beralih ke penghuni laut dan daratan, dan burung-burung yang terbang di angkasa. Mereka pun turut memuji Tuhan, Khalik mereka, dengan penuh syukur dan sukacita. Ini menekankan bahwa segala makhluk, besar atau kecil, darat atau air, di udara atau di laut, semuanya terlibat dalam paduan suara pujian bagi Tuhan.

Bait 3:

Bait terakhir mengajak manusia untuk turut serta dalam pujian universal ini. Kita diajak untuk menyerahkan seluruh hidup kita kepada Tuhan, baik jiwa maupun raga, agar menjadi milik-Nya sepenuhnya. Kita diminta untuk membiarkan kasih Allah berkuasa dalam hati dan menjadikan seluruh hidup kita sebagai bentuk penghormatan kepada-Nya.

Penjelasan:

Lagu ini bisa menjadi refleksi atas kepedulian kita terhadap lingkungan. Ketika kita menyadari bagaimana seluruh alam semesta memuji Tuhan dengan cara menjaga keharmonisan dan keseimbangan, kita diajak untuk turut melindungi dan melestarikan ciptaan Tuhan tersebut. Kerusakan alam tidak hanya merugikan manusia, tapi juga mengganggu pujian alam kepada Tuhan.

Komentar