Jelaskan Arti Keutuhan Ciptaan Dikaitkan dengan Keadilan dan Perdamaian

Jelaskan arti keutuhan ciptaan dikaitkan dengan keadilan dan perdamaian

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 11 Keutuhan Ciptaan, halaman 153.

Jawaban:

Keutuhan ciptaan adalah keadaan dimana semua makhluk hidup dan benda-benda mati di alam semesta berada dalam keseimbangan dan harmoni. Hal ini berarti bahwa semua makhluk hidup dapat hidup dengan nyaman dan sejahtera, tanpa ada yang dirugikan.

Keadilan adalah keadaan dimana setiap orang diperlakukan sesuai dengan hak dan kewajibannya. Dalam konteks keutuhan ciptaan, keadilan berarti bahwa semua makhluk hidup memiliki hak untuk hidup dan berkembang secara bebas, tanpa ada yang dirampas haknya.

Perdamaian adalah keadaan dimana tidak ada konflik atau pertikaian. Dalam konteks keutuhan ciptaan, perdamaian berarti bahwa semua makhluk hidup hidup berdampingan dengan damai dan saling menghormati, tanpa ada yang saling menyerang.

Ketiga hal tersebut saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Keutuhan ciptaan yang terjaga akan menciptakan keadilan dan perdamaian. Sebaliknya, jika keutuhan ciptaan terganggu, maka akan terjadi ketidakadilan dan pertikaian.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana keutuhan ciptaan, keadilan, dan perdamaian saling berkaitan:
  • Pemanfaatan sumber daya alam secara bijak akan menjaga keutuhan ciptaan. Hal ini akan mencegah terjadinya eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan, sehingga semua makhluk hidup dapat memanfaatkannya dengan adil dan merata.
  • Pengendalian pencemaran lingkungan akan menjaga keutuhan ciptaan. Hal ini akan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang dapat merugikan semua makhluk hidup.
  • Perlindungan terhadap hewan dan tumbuhan langka akan menjaga keutuhan ciptaan. Hal ini akan memastikan bahwa semua makhluk hidup memiliki kesempatan untuk hidup dan berkembang secara bebas.

Sebagai umat manusia, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga keutuhan ciptaan. Kita dapat melakukannya dengan menerapkan perilaku-perilaku yang adil dan damai terhadap lingkungan dan sesama makhluk hidup.

Komentar