Hal-Hal apa Saja yang Kalian Lakukan di Masa Lampau yang Ternyata Tidak Mencerminkan Hidup Sebagai Ciptaan Baru?

Hal-hal apa saja yang kalian lakukan di masa lampau yang ternyata tidak mencerminkan hidup sebagai ciptaan baru?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Kegiatan 5: Berdiskusi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 5 Menjadi Ciptaan Baru, halaman 59.

Jawaban:

Hal-hal yang Tidak Mencerminkan Hidup sebagai Ciptaan Baru

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali melakukan hal-hal yang tidak mencerminkan hidup sebagai ciptaan baru. Hal-hal tersebut dapat berupa sikap, perkataan, atau tindakan yang tidak sesuai dengan ajaran Kristen.

Berikut adalah beberapa hal yang tidak mencerminkan hidup sebagai ciptaan baru:

1. Sikap egois dan mementingkan diri sendiri
Sikap egois adalah sikap yang selalu mengutamakan kepentingan diri sendiri tanpa memperdulikan kepentingan orang lain. Sikap ini tidak mencerminkan hidup sebagai ciptaan baru karena bertentangan dengan ajaran Kristen yang mengajarkan agar kita saling mengasihi dan peduli terhadap sesama.

2. Sikap iri hati dan dengki
Sikap iri hati adalah sikap yang tidak senang melihat orang lain lebih baik dari kita. Sikap ini tidak mencerminkan hidup sebagai ciptaan baru karena bertentangan dengan ajaran Kristen yang mengajarkan agar kita bersyukur atas apa yang kita miliki.

3. Sikap marah dan dendam
Sikap marah adalah sikap yang tidak senang melihat atau mendengar sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Sikap dendam adalah sikap yang ingin membalas perbuatan buruk orang lain. Kedua sikap ini tidak mencerminkan hidup sebagai ciptaan baru karena bertentangan dengan ajaran Kristen yang mengajarkan agar kita mengampuni orang lain.

4. Sikap bohong dan curang
Sikap bohong adalah sikap yang mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan. Sikap curang adalah sikap yang tidak jujur dalam melakukan sesuatu. Kedua sikap ini tidak mencerminkan hidup sebagai ciptaan baru karena bertentangan dengan ajaran Kristen yang mengajarkan agar kita berkata jujur dan adil.

5. Sikap malas dan tidak bertanggung jawab
Sikap malas adalah sikap yang tidak mau berusaha atau bekerja. Sikap tidak bertanggung jawab adalah sikap yang tidak mau melaksanakan kewajibannya. Kedua sikap ini tidak mencerminkan hidup sebagai ciptaan baru karena bertentangan dengan ajaran Kristen yang mengajarkan agar kita tekun bekerja dan bertanggung jawab.

6. Sikap suka menghakimi dan mengkritik orang lain
Sikap menghakimi adalah sikap yang menilai orang lain dengan buruk. Sikap mengkritik adalah sikap yang mencela atau mengecam perbuatan orang lain. Kedua sikap ini tidak mencerminkan hidup sebagai ciptaan baru karena bertentangan dengan ajaran Kristen yang mengajarkan agar kita saling menghargai dan menghormati.

Hal-hal tersebut hanyalah beberapa contoh dari hal-hal yang tidak mencerminkan hidup sebagai ciptaan baru. Untuk menjadi ciptaan baru, kita harus berusaha untuk meninggalkan dan menanggalkan sikap-sikap buruk tersebut. Kita harus selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dan mencerminkan ajaran Kristen dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi ciptaan baru:

1. Mulailah dengan mengakui kesalahan kita
Langkah pertama untuk menjadi ciptaan baru adalah mengakui kesalahan kita. Kita harus menyadari bahwa kita telah melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran Kristen.

2. Mintalah pengampunan kepada Tuhan
Setelah mengakui kesalahan kita, kita harus meminta pengampunan kepada Tuhan. Tuhan adalah Allah yang penuh kasih dan pengampun. Dia akan mengampuni kita jika kita sungguh-sungguh bertobat.

3. Berkomitmen untuk berubah
Setelah meminta pengampunan kepada Tuhan, kita harus berkomitmen untuk berubah. Kita harus berusaha untuk meninggalkan sikap-sikap buruk yang telah kita lakukan di masa lalu.

4. Dukungan dari orang lain
Dukungan dari orang lain juga sangat penting untuk membantu kita menjadi ciptaan baru. Kita bisa meminta dukungan dari keluarga, teman, atau mentor rohani kita.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita bisa menjadi ciptaan baru yang mencerminkan ajaran Kristen dalam kehidupan kita sehari-hari.

Komentar