Diskusikan Masalah Mendasar dalam Kaitannya dengan Keutuhan Ciptaan. Mengapa hal itu Terjadi? Buatlah Kesimpulan Pencegahan Supaya Masalah Seperti Itu Tidak Terulang Kembali

  1. Diskusikan masalah mendasar dalam kaitannya dengan keutuhan ciptaan
  2. Mengapa hal itu terjadi?
  3. Buatlah kesimpulan pencegahan supaya masalah seperti itu tidak terulang kembali. Ingat, pencegahan bukan penanggulangan ya!

Pertanyaan diatas adalah soal Analisis Berita, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 11 Keutuhan Ciptaan, halaman 155.

Jawaban:

Diskusi masalah mendasar dalam kaitannya dengan keutuhan ciptaan

Berdasarkan berita tersebut, masalah mendasar dalam kaitannya dengan keutuhan ciptaan adalah kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan ini disebabkan oleh berbagai aktivitas manusia, seperti:
  • Penggundulan hutan yang menyebabkan habitat hewan dan tumbuhan liar terganggu.
  • Perluasan pertanian yang tidak terkendali yang menyebabkan perubahan ekosistem.
  • Pembangunan infrastruktur pertambangan yang menyebabkan pencemaran lingkungan.
  • Eksploitasi spesies liar yang menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati.

Mengapa hal itu terjadi?

Kerusakan lingkungan terjadi karena sikap manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan. Manusia sering kali hanya memikirkan kepentingannya sendiri tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi pada lingkungan.

Kesimpulan pencegahan supaya masalah seperti itu tidak terulang kembali

Untuk mencegah agar masalah seperti itu tidak terulang kembali, maka diperlukan perubahan sikap dan perilaku manusia. Manusia harus menyadari bahwa lingkungan adalah bagian dari hidupnya dan harus dijaga kelestariannya.

Berikut adalah beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan:
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan lingkungan, kampanye, dan penyuluhan.
  • Memperkuat aturan tentang lingkungan hidup. Aturan ini perlu ditegakkan secara tegas dan konsisten agar tidak dilanggar oleh masyarakat.
  • Melakukan pendekatan “Satu Kesehatan” dalam pengambilan kebijakan. Pendekatan ini bertujuan untuk memahami keterkaitan antara kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan.
  • Meningkatkan pendanaan untuk sistem kesehatan di berbagai negara dengan tingkat risiko penyebaran penyakit yang tinggi. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi pandemi di masa depan.

Upaya-upaya tersebut perlu dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha. Dengan demikian, kita dapat menjaga keutuhan ciptaan dan mencegah terjadinya pandemi di masa depan.

Komentar