Diskusikan dengan Teman Sebangku Berbagai Cara Allah Membaharui Gereja

Diskusikan dengan teman sebangku berbagai cara Allah Membaharui gereja

Pertanyaan diatas adalah soal Diskusi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 4 Allah Pengasih Memulihkan Kehidupan Bergereja, halaman 47.

Jawaban:

Diskusi dengan teman sebangku tentang berbagai cara Allah Membaharui gereja

Teman sebangku: Hai, gimana pembahasan materi Bab 4 tadi?

Aku: Bagus sih, kita belajar tentang bagaimana Allah memulihkan kehidupan berjemaat.

Teman sebangku: Iya, aku juga suka pembahasannya. Menurutmu, apa saja cara Allah membaharui gereja?

Aku: Menurutku, ada banyak cara Allah membaharui gereja. Salah satunya adalah melalui Roh Kudus. Roh Kudus adalah agen pembaharuan yang diutus oleh Allah untuk memimpin gereja. Roh Kudus bekerja dalam hati dan pikiran umat Kristen untuk membawa mereka kepada pertobatan dan pertumbuhan rohani.

Teman sebangku: Iya, benar. Roh Kudus juga bekerja dalam gereja untuk menyatukan jemaat dan membawa mereka kepada kesatuan dalam iman dan kasih.

Aku: Selain itu, Allah juga membaharui gereja melalui firman-Nya. Firman Tuhan adalah sumber kebenaran dan petunjuk bagi gereja. Melalui firman Tuhan, gereja diingatkan akan panggilan dan tugasnya untuk menjadi saksi Kristus di dunia.

Teman sebangku: Iya, firman Tuhan juga menjadi pedoman bagi gereja dalam menjalankan kehidupan berjemaat.

Aku: Selain itu, Allah juga membaharui gereja melalui persekutuan. Persekutuan adalah sarana bagi gereja untuk saling mengenal dan mendukung satu sama lain. Melalui persekutuan, gereja belajar untuk mengasihi dan melayani sesama.

Teman sebangku: Iya, persekutuan juga menjadi sarana bagi gereja untuk saling mendoakan dan menguatkan satu sama lain.

Aku: Nah, menurutmu, cara mana yang paling penting dalam pembaharuan gereja?

Teman sebangku: Menurutku, semua cara itu penting. Roh Kudus, firman Tuhan, persekutuan, dan semua cara lainnya saling berkaitan dan saling melengkapi.

Aku: Iya, benar. Semua cara itu penting untuk membawa gereja kepada pembaharuan yang menyeluruh.

Teman sebangku: Nah, kita harus berdoa agar Allah terus membaharui gereja kita.

Aku: Iya, amin.

Penjelasan:

Dalam diskusi tersebut, kami membahas berbagai cara Allah membaharui gereja. Kami sepakat bahwa semua cara itu penting dan saling berkaitan. Kami juga sepakat bahwa kita harus berperan aktif dalam pembaharuan gereja.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing cara Allah membaharui gereja:

1. Roh Kudus
Roh Kudus adalah agen pembaharuan yang diutus oleh Allah untuk memimpin gereja. Roh Kudus bekerja dalam hati dan pikiran umat Kristen untuk membawa mereka kepada pertobatan dan pertumbuhan rohani. Roh Kudus juga bekerja dalam gereja untuk menyatukan jemaat dan membawa mereka kepada kesatuan dalam iman dan kasih.

2. Firman Tuhan
Firman Tuhan adalah sumber kebenaran dan petunjuk bagi gereja. Melalui firman Tuhan, gereja diingatkan akan panggilan dan tugasnya untuk menjadi saksi Kristus di dunia. Firman Tuhan juga menjadi pedoman bagi gereja dalam menjalankan kehidupan berjemaat.

3. Persekutuan
Persekutuan adalah sarana bagi gereja untuk saling mengenal dan mendukung satu sama lain. Melalui persekutuan, gereja belajar untuk mengasihi dan melayani sesama. Persekutuan juga menjadi sarana bagi gereja untuk saling mendoakan dan menguatkan satu sama lain.

Dengan menyadari berbagai cara Allah membaharui gereja, kita dapat berperan aktif dalam pembaharuan tersebut. Kita dapat berdoa agar Allah terus membaharui gereja kita, dan kita juga dapat melakukan hal-hal yang penting untuk pembaharuan gereja, seperti melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh, mengikuti firman Tuhan dengan setia, membangun persekutuan yang erat dengan sesama, dan menjadi saksi Kristus di dunia.

Komentar