Dari Beberapa Aspek “Syalom” yang Bersumber dari Alkitab, Manakah yang Ada dalam Hidup Kalian? Apakah yang Dapat Dilakukan dalam Menolong Orang Lain Sehingga Mereka dapat Hidup dalam Damai Sejahtera Allah?

Dari beberapa aspek “Syalom” yang bersumber dari Alkitab, manakah yang ada dalam hidup kalian? Apakah yang dapat dilakukan dalam menolong orang lain sehingga mereka dapat hidup dalam damai sejahtera Allah?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 7 Damai Sejahtera Menurut Alkitab, halaman 87.

Jawaban:

Dari beberapa aspek “Syalom” yang bersumber dari Alkitab, ada beberapa aspek yang ada dalam hidup saya, yaitu:
  • Kesehatan rohani. Saya merasa damai sejahtera di dalam hati karena saya percaya kepada Yesus Kristus sebagai Juruselamat saya. Saya tahu bahwa saya dicintai oleh Allah dan bahwa Dia memiliki rencana yang indah untuk hidup saya.
  • Hubungan yang harmonis dengan sesama. Saya berusaha untuk hidup rukun dan damai dengan orang-orang di sekitar saya. Saya juga berusaha untuk saling mengasihi, menghormati, dan membantu satu sama lain.
  • Kesejahteraan sosial. Saya peduli terhadap kondisi sosial di sekitar saya. Saya berusaha untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, baik secara materi maupun non-materi.

Saya percaya bahwa saya dapat menolong orang lain sehingga mereka dapat hidup dalam damai sejahtera Allah dengan cara-cara berikut:
  • Menjadi teladan. Saya dapat menunjukkan kepada orang lain bagaimana hidup dalam damai sejahtera Allah dengan cara hidup saya sehari-hari. Saya dapat menunjukkan kasih, pengampunan, dan belas kasihan kepada orang-orang di sekitar saya.
  • Menjadi pembawa berita damai. Saya dapat membagikan berita tentang damai sejahtera Allah kepada orang lain. Saya dapat menceritakan pengalaman saya tentang bagaimana saya menemukan damai sejahtera di dalam Tuhan.
  • Melakukan tindakan nyata. Saya dapat membantu orang lain yang membutuhkan. Saya dapat memberikan bantuan materi, non-materi, atau bahkan hanya sekadar dukungan moral.

Berikut adalah beberapa contoh tindakan nyata yang dapat saya lakukan untuk menolong orang lain agar dapat hidup dalam damai sejahtera Allah:
  • Saya dapat menjadi sukarelawan di panti asuhan atau panti jompo.
  • Saya dapat memberikan sumbangan kepada lembaga-lembaga sosial yang membantu orang-orang yang membutuhkan.
  • Saya dapat menjadi mediator dalam konflik yang terjadi di antara orang-orang.
  • Saya dapat menyebarkan pesan-pesan tentang kasih, pengampunan, dan belas kasihan di media sosial.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, saya percaya bahwa saya dapat ikut berperan dalam menciptakan dunia yang lebih damai dan sejahtera.

Komentar