Dalam Liturgi Sejumlah Gereja ada Kalanya Kita Menemukan Salah Satu Bagian Ketika Jemaat Saling Mengucapkan “Salam Damai” atau “Damai Kristus Besertamu” Setelah Pemberitaan Pengampunan Dosa. Mengapa Mereka Melakukan Hal Ini? Apakah Makna yang Ada di Balik Tindakan Ini?

Dalam liturgi sejumlah gereja ada kalanya kita menemukan salah satu bagian ketika jemaat saling mengucapkan “salam damai” atau “damai Kristus besertamu” setelah pemberitaan pengampunan dosa. Mengapa mereka melakukan hal ini? Apakah makna yang ada di balik tindakan ini?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 7 Damai Sejahtera Menurut Alkitab, halaman 87.

Jawaban:

Dalam liturgi sejumlah gereja, salam damai atau damai Kristus besertamu diucapkan setelah pemberitaan pengampunan dosa. Hal ini dilakukan karena ada beberapa makna yang terkandung di balik tindakan tersebut, yaitu:

1. Makna teologis

Salam damai adalah suatu ungkapan iman dan pengharapan kepada Tuhan. Melalui salam damai, umat Kristen menyatakan bahwa mereka telah menerima pengampunan dosa dan damai sejahtera dari Tuhan. Damai sejahtera yang dimaksud adalah damai sejahtera yang sejati, yaitu damai sejahtera yang datang dari Tuhan. Damai sejahtera ini tidak hanya bersifat jasmani, tetapi juga rohani.

Makna teologis ini didasarkan pada firman Tuhan dalam Yohanes 20:19-21. Dalam ayat-ayat tersebut, Yesus Kristus muncul di hadapan murid-murid-Nya setelah kebangkitan-Nya. Yesus mengucapkan salam damai kepada murid-murid-Nya, dan murid-murid-Nya pun bersukacita karena melihat Yesus.

2. Makna praktis

Salam damai juga memiliki makna praktis. Salam damai adalah suatu ungkapan kasih dan persaudaraan antar umat Kristen. Melalui salam damai, umat Kristen menyatakan bahwa mereka saling mengasihi dan menerima satu sama lain.

Makna praktis ini juga didasarkan pada firman Tuhan dalam Roma 16:16. Dalam ayat tersebut, Paulus berpesan kepada jemaat di Roma untuk saling menyapa dengan cium kudus. Cium kudus adalah suatu ungkapan kasih dan persaudaraan yang dilakukan oleh umat Kristen.

3. Makna simbolis

Salam damai juga memiliki makna simbolis. Salam damai adalah suatu tanda bahwa umat Kristen telah diperdamaikan dengan Tuhan dan dengan sesamanya. Damai sejahtera yang telah mereka terima dari Tuhan menjadi kekuatan bagi mereka untuk hidup dalam kasih dan persaudaraan.

Makna simbolis ini dapat dilihat dari simbol-simbol yang digunakan dalam salam damai. Misalnya, dalam tradisi Katolik, salam damai dilakukan dengan saling bersalaman. Simbol berjabat tangan ini menunjukkan bahwa umat Kristen saling menerima dan mengakui keberadaan satu sama lain.

Jadi, salam damai adalah suatu tindakan yang penting dalam liturgi gereja. Tindakan ini memiliki makna yang mendalam, baik secara teologis, praktis, maupun simbolis.

Komentar