Contoh-Contoh Penyalahgunaan IPTEK dalam Masyarakat dan Bagaimana Kelompok Menyikapinya!

Diskusikanlah dalam bentuk kelompok, contoh-contoh penyalahgunaan IPTEK dalam masyarakat dan bagaimana kelompok menyikapinya!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Kegiatan 5 Sikap Pelajar Kristen terhadap IPTEK!, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 8, Bab 1 Allah Berkarya Melalui IPTEK, halaman 9.

Jawaban:

Berikut adalah beberapa contoh penyalahgunaan IPTEK dalam masyarakat:

1. Pembobolan bank
Penyalahgunaan IPTEK dalam bidang informatika ini dilakukan dengan cara mengambil data-data penting dari bank, seperti nomor rekening, pin, dan kode OTP. Data-data tersebut kemudian digunakan untuk melakukan transaksi tanpa sepengetahuan pemilik rekening.

Cara menyikapinya: Jangan memberikan data-data penting, seperti nomor rekening, pin, dan kode OTP, kepada pihak yang tidak dikenal.

2. Penyebaran hoaks
Penyalahgunaan IPTEK dalam bidang informatika ini dilakukan dengan cara menyebarkan berita bohong atau tidak benar melalui media sosial, SMS, atau WhatsApp. Hoaks dapat menimbulkan keresahan dan bahkan konflik di masyarakat.

Cara menyikapinya: Jangan mudah percaya dengan informasi yang diterima, terlebih jika informasi tersebut berasal dari sumber yang tidak jelas.

3. Perjudian online
Penyalahgunaan IPTEK dalam bidang informatika ini dilakukan dengan cara memasang taruhan secara online. Perjudian online dapat menimbulkan kerugian materi dan bahkan kecanduan. 

Cara menyikapinya: Jangan mudah tergoda dengan iklan atau promosi perjudian online dan hindari mengakses situs atau aplikasi perjudian online.

4. Kloning manusia
Penyalahgunaan IPTEK dalam bidang genetika ini dilakukan dengan cara membuat makhluk hidup yang identik secara genetik. Kloning manusia dapat menimbulkan masalah etika dan moral.

Cara menyikapinya: Pahamilah masalah etika dan moral yang ditimbulkan oleh kloning manusia. Kloning manusia dapat menimbulkan masalah, seperti hak asasi manusia, identitas diri, dan bahkan keselamatan umat manusia.

Komentar