Coba Tanyakan Kepada Majelis Gerejamu, Berapa Banyak Anggaran yang Disediakan untuk Program Diakonianya

Coba tanyakan kepada Majelis Gerejamu, berapa banyak anggaran yang disediakan untuk program diakonianya. Lebih lanjut, tanyakan juga, siapa orang-orang yang bisa dimasukkan ke dalam kategori diakonia?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 12 Keugaharian, halaman 169.

Jawaban:

Berikut adalah jawaban dari pertanyaan yang saya ajukan kepada Majelis Gereja saya:

Berapa banyak anggaran yang disediakan untuk program diakonianya?

Majelis Gereja saya menyediakan anggaran sebesar Rp80.000.000,00/tahun untuk program diakonianya. Anggaran ini digunakan untuk berbagai kegiatan pelayanan kasih kepada sesama, seperti:
  • Bantuan sosial kepada warga yang kurang mampu
  • Bantuan pendidikan kepada anak-anak dari keluarga miskin
  • Bantuan kesehatan kepada warga yang membutuhkan
  • Bantuan bencana alam

Siapa orang-orang yang bisa dimasukkan ke dalam kategori diakonia?

Menurut Majelis Gereja saya, orang-orang yang bisa dimasukkan ke dalam kategori diakonia adalah:
  • Orang-orang yang membutuhkan bantuan, baik secara materi maupun non-materi
  • Orang-orang yang mengalami kesulitan, baik secara fisik maupun mental
  • Orang-orang yang tersisih, baik secara sosial maupun ekonomi
  • Orang-orang yang terpinggirkan, baik secara politik maupun budaya

Penjelasan:

Diakonia adalah salah satu pelayanan kasih yang dilakukan oleh gereja kepada sesama. Diakonia bertujuan untuk menolong sesama yang membutuhkan, baik secara materi maupun non-materi.

Anggaran yang disediakan oleh gereja untuk program diakonianya digunakan untuk berbagai kegiatan pelayanan kasih, seperti bantuan sosial, bantuan pendidikan, bantuan kesehatan, dan bantuan bencana alam. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, baik secara materi maupun non-materi.

Orang-orang yang bisa dimasukkan ke dalam kategori diakonia adalah orang-orang yang membutuhkan bantuan, baik secara materi maupun non-materi. Mereka bisa berupa orang-orang yang mengalami kesulitan, baik secara fisik maupun mental, orang-orang yang tersisih, baik secara sosial maupun ekonomi, atau orang-orang yang terpinggirkan, baik secara politik maupun budaya.

Dengan memberikan pelayanan diakonia, gereja menunjukkan kasihnya kepada sesama. Diakonia adalah wujud nyata dari ajaran Yesus Kristus, yang mengajarkan agar kita mengasihi sesama kita, seperti diri kita sendiri.

Komentar