Coba Renungkan Sikap Kalian Selama Ini dalam Beribadah. Apakah Sikap Kalian dalam Beribadah Sudah Sesuai dengan Materi yang Dipelajari?

Coba renungkan sikap kalian selama ini dalam beribadah. Apakah sikap kalian dalam beribadah sudah sesuai dengan materi yang dipelajari? Jika belum maka kalian perlu mengubah pandangan tentang ibadah dan makna ibadah lalu memperbaiki sikap dalam beribadah.

Pertanyaan diatas adalah soal Respons Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 5 Setia Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab, halaman 59.

Jawaban:

Renungan Sikap dalam Beribadah

Setelah mempelajari materi Bab 5 Setia Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab, saya menyadari bahwa sikap saya dalam beribadah selama ini belum sepenuhnya sesuai dengan materi yang dipelajari.

Berdasarkan materi yang dipelajari, sikap yang baik dalam beribadah adalah sebagai berikut:
  • Beribadah dengan sikap hormat dan penuh sukacita. Hal ini berarti kita harus hadir di tempat ibadah dengan tepat waktu, berpakaian rapi, dan mengikuti ibadah dengan penuh perhatian. Kita juga harus bersyukur dan bersukacita atas kesempatan untuk beribadah kepada Tuhan.
  • Beribadah dengan sepenuh hati. Hal ini berarti kita harus mendengarkan firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, terlibat dalam setiap kegiatan ibadah, dan berdoa dengan khusyuk. Kita juga harus berusaha menerapkan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Beribadah dengan penuh tanggung jawab. Hal ini berarti kita harus ikut ambil bagian dalam kegiatan ibadah, baik secara fisik maupun secara rohani. Kita juga harus menjaga ketertiban dan keharmonisan dalam ibadah.

Saya menyadari bahwa selama ini saya terkadang masih memiliki sikap yang kurang baik dalam beribadah. Misalnya, saya terkadang datang terlambat ke gereja, berpakaian tidak rapi, dan tidak mengikuti ibadah dengan penuh perhatian. Saya juga terkadang tidak berdoa dengan khusyuk dan tidak berusaha menerapkan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, saya bertekad untuk memperbaiki sikap saya dalam beribadah. Saya akan berusaha untuk hadir di gereja tepat waktu, berpakaian rapi, dan mengikuti ibadah dengan penuh perhatian. Saya juga akan berusaha mendengarkan firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, terlibat dalam setiap kegiatan ibadah, dan berdoa dengan khusyuk. Selain itu, saya akan berusaha menerapkan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar