Coba Renungkan Hubungan Anda dengan Saudara Kandungmu. Apakah Anda Pernah Menaruh Dengki Dan Iri Padanya?


Setelah membaca karakter pertama ini, coba renungkan hubungan anda dengan saudara (bagi yang memiliki saudara kandung). Apakah anda pernah menaruh dengki dan iri padanya? Mengapa? Lalu..renungkan bagaimana jika saudara mu yang melakukan hal itu pada mu, apakah diri mu dapat menerimanya?

Pertanyaan diatas adalah soal Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 8 Menjadi Pembawa Damai Sejahtera, halaman 97.

Jawaban:

Renungkan hubunganmu dengan saudara kandungmu. Apakah kamu pernah menaruh dengki dan iri padanya? Mengapa?

Ya, saya pernah menaruh dengki dan iri pada kakak perempuan saya. Alasannya karena kakak saya cantik, banyak cowok naksir sama dia. Sedangkan aku jelek, tidak ada cowok yang naksir sama saya.

Saat itu, saya merasa sangat sedih dan minder. Saya merasa bahwa saya tidak berharga karena tidak bisa menarik perhatian cowok. Saya juga merasa bahwa kakak saya lebih baik dari saya dalam segala hal.

Lalu, renungkan bagaimana jika saudaramu yang melakukan hal itu padamu, apakah dirimu dapat menerimanya?

Jika kakak saya menaruh dengki dan iri pada saya, saya akan berusaha untuk memahami perasaannya. Saya akan mencoba untuk melihat dari sudut pandangnya.

Saya akan menyadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya tidak akan menganggap diri saya lebih baik atau lebih buruk dari kakak saya.

Saya juga akan berusaha untuk membangun hubungan yang baik dengan kakak saya. Saya akan menunjukkan rasa kasih sayang dan perhatian saya padanya.

Penjelasan

Dengki dan iri adalah dua perasaan yang sering dialami oleh manusia. Kedua perasaan ini dapat menyebabkan kita merasa tidak bahagia dan tidak puas dengan diri kita sendiri.

Jika kita menaruh dengki dan iri pada orang lain, kita perlu untuk menyadari bahwa perasaan tersebut tidak akan membuat kita menjadi lebih bahagia. Sebaliknya, perasaan tersebut justru akan membuat kita semakin tertekan dan tidak bahagia.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk belajar untuk menerima diri kita sendiri apa adanya. Kita juga perlu untuk belajar untuk bersyukur atas apa yang kita miliki.

Jika saudara kita menaruh dengki dan iri pada kita, kita perlu untuk bersikap bijaksana dan penuh kasih. Kita perlu untuk memahami perasaannya dan berusaha untuk membantunya untuk mengatasi perasaan tersebut.

Kita juga perlu untuk menunjukkan rasa kasih sayang dan perhatian kita padanya. Dengan begitu, kita dapat membangun hubungan yang baik dengan saudara kita dan menciptakan suasana yang damai dan harmonis.

Tips untuk mengatasi perasaan dengki dan iri

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi perasaan dengki dan iri:
  • Fokus pada kelebihan diri sendiri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Fokuslah pada kelebihan diri sendiri dan syukuri apa yang kamu miliki.
  • Hindari membandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang memiliki perjalanan hidup yang berbeda. Jangan membandingkan diri dengan orang lain, karena hal itu hanya akan membuatmu merasa tidak bahagia.
  • Bersyukur. Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki. Rasa syukur akan membantumu untuk lebih menghargai diri sendiri dan apa yang kamu miliki.
  • Bantu orang lain. Membantu orang lain akan membuatmu merasa lebih baik tentang diri sendiri.

Jika kamu merasa kesulitan untuk mengatasi perasaan dengki dan iri, kamu bisa meminta bantuan dari orang yang kamu percayai, seperti orang tua, guru, atau konselor.

Comments