Coba Kamu Diskusikan dengan Teman, Apakah di Kalangan Jemaat dan Perkumpulan Remaja Kristen Baik di Rumah Maupun di Sekolah, Masih Terdapat Sikap-Sikap Sebagaimana ada dalam Kolose 3:5-6

Coba kamu diskusikan dengan teman, apakah di kalangan jemaat dan perkumpulan remaja Kristen baik di rumah maupun di sekolah, masih terdapat sikap-sikap sebagaimana ada dalam Kolose 3:5-6? Menurut kamu mengapa masih terjadi? Apa yang harus dilakukan supaya sikap-sikap seperti itu dapat diminimalisir ataupun dihilangkan? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan?

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 4 Roh Kudus Memperbarui Hidup Orang Beriman, halaman 45.

Jawaban:

1. Apakah di kalangan jemaat dan perkumpulan remaja Kristen baik di rumah maupun di sekolah, masih terdapat sikap-sikap sebagaimana ada dalam Kolose 3:5-6?

Jawabannya adalah ya, masih terdapat sikap-sikap sebagaimana ada dalam Kolose 3:5-6 di kalangan jemaat dan perkumpulan remaja Kristen baik di rumah maupun di sekolah. Sikap-sikap tersebut antara lain:
  • Percabulan, yaitu hubungan seksual di luar nikah. Sikap ini masih sering terjadi di kalangan remaja Kristen, baik di dalam maupun di luar rumah. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pengaruh lingkungan, rasa penasaran, dan kurangnya pemahaman tentang nilai-nilai moral.
  • Kenajisan, yaitu segala sesuatu yang kotor, baik secara fisik maupun moral. Sikap ini juga masih sering terjadi di kalangan remaja Kristen, misalnya dengan menggunakan kata-kata kotor, bersikap kasar, atau melakukan tindakan yang melanggar norma-norma agama.
  • Hawa nafsu, yaitu keinginan yang tidak terkendali. Sikap ini dapat muncul dalam berbagai bentuk, misalnya iri hati, dendam, atau marah. Sikap ini juga dapat menyebabkan seseorang melakukan hal-hal yang tidak baik, seperti menghina orang lain, membicarakan orang lain dengan buruk, atau bahkan melakukan kekerasan.
  • Nafsu jahat, yaitu keinginan untuk berbuat jahat. Sikap ini dapat muncul dalam berbagai bentuk, misalnya mencuri, berbohong, atau menyakiti orang lain. Sikap ini dapat merusak hubungan antar sesama dan membuat seseorang dijauhi oleh orang lain.
  • Keserakahan, yaitu keinginan untuk memiliki sesuatu secara berlebihan. Sikap ini dapat menyebabkan seseorang menjadi tamak dan tidak mau berbagi dengan orang lain. Sikap ini juga dapat membuat seseorang menjadi terobsesi dengan harta benda dan melupakan hal-hal yang lebih penting dalam hidup.

2. Menurut kamu mengapa masih terjadi?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sikap-sikap tersebut masih terjadi di kalangan jemaat dan perkumpulan remaja Kristen, antara lain:
  • Kurangnya pemahaman tentang ajaran Kristen. Remaja Kristen perlu memiliki pemahaman yang baik tentang ajaran Kristen, termasuk tentang pentingnya hidup kudus dan menjauhi dosa.
  • Pengaruh lingkungan. Remaja Kristen yang hidup di lingkungan yang tidak mendukung, misalnya lingkungan yang penuh dengan pergaulan bebas, akan lebih mudah terpengaruh untuk melakukan hal-hal yang tidak baik.
  • Kurangnya pengawasan dari orang tua dan guru. Orang tua dan guru perlu mengawasi dan membimbing remaja Kristen agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, termasuk dalam hal moral dan spiritual.

3. Apa yang harus dilakukan supaya sikap-sikap seperti itu dapat diminimalisir ataupun dihilangkan?

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meminimalisir atau menghilangkan sikap-sikap tersebut, antara lain:
  • Pendidikan Kristen. Pendidikan Kristen yang diberikan kepada remaja Kristen perlu menekankan pentingnya hidup kudus dan menjauhi dosa.
  • Pengembangan karakter. Remaja Kristen perlu dibantu untuk mengembangkan karakternya, terutama karakter yang positif, seperti kasih, kesabaran, dan pengendalian diri.
  • Pembentukan lingkungan yang mendukung. Remaja Kristen perlu dibina dan dibimbing untuk hidup di lingkungan yang mendukung, misalnya lingkungan yang penuh dengan nilai-nilai moral dan agama.

Komentar