Ceritakan Pengalaman Bapak Ibu dalam Membuat Kegiatan di Sekolah yang Melibatkan Peserta Didik!

Ceritakan pengalaman Bapak Ibu dalam membuat kegiatan di sekolah yang melibatkan peserta didik!

Pertanyaan diatas adalah soal Cerita Reflektif, Modul 4: Roots Day, materi: Mari Bersiap Merayakan Roots Day!

Jawaban:

Refleksi Pengalaman Membuat Kegiatan di Sekolah yang Melibatkan Peserta Didik

Sebagai seorang guru, saya memiliki tanggung jawab untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan membuat kegiatan di sekolah yang melibatkan peserta didik secara langsung.

Saya memiliki pengalaman membuat kegiatan di sekolah yang melibatkan peserta didik, yaitu kegiatan Gelar Karya Budaya. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya daerah dan memperkenalkannya kepada peserta didik. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik di sekolah saya, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.

Pada kegiatan ini, peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok menampilkan kesenian tradisional daerah, seperti tari, musik, dan teater. Peserta didik juga diajak untuk membuat kerajinan tangan tradisional.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses. Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka terlihat senang dan bangga bisa menampilkan budaya daerahnya.

Saya mendapatkan banyak pelajaran dari pengalaman ini. Pertama, saya belajar bahwa peserta didik akan lebih termotivasi jika mereka terlibat secara langsung dalam suatu kegiatan. Kedua, saya belajar bahwa penting untuk melibatkan orang tua dan masyarakat dalam kegiatan di sekolah. Ketiga, saya belajar bahwa kegiatan di sekolah dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya daerah.

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kegiatan di sekolah yang melibatkan peserta didik, yaitu:
  • Pertimbangkan minat dan kebutuhan peserta didik. Kegiatan yang dibuat harus sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik agar mereka tertarik untuk mengikutinya.
  • Buatlah kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Peserta didik lebih cenderung mengingat dan menerapkan hal-hal yang mereka pelajari jika kegiatan tersebut menarik dan menyenangkan.
  • Libatkan peserta didik dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Dengan melibatkan peserta didik, mereka akan merasa lebih memiliki dan bertanggung jawab terhadap kegiatan tersebut.
  • Berikan apresiasi kepada peserta didik. Apresiasi akan membuat peserta didik merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berprestasi.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan kegiatan di sekolah yang melibatkan peserta didik dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta memberikan manfaat bagi peserta didik.

Sebagai tambahan, saya juga ingin menyampaikan bahwa kegiatan Roots Day merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi peserta didik. Kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi peserta didik untuk belajar tentang budaya daerahnya, serta meningkatkan rasa cinta tanah air.

Saya berharap kegiatan Roots Day dapat diselenggarakan secara rutin di setiap sekolah. Dengan demikian, peserta didik dapat lebih mengenal budaya daerahnya dan bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia.

Komentar