Cari Perikop yang Menulis tentang Pemeliharaan Allah Bagi Manusia Kemudian Catat Hal-Hal Penting yang Kamu Temukan dalam Pembacaan Alkitab

Cari perikop yang menulis tentang pemeliharaan Allah bagi manusia kemudian catat hal-hal penting yang kamu temukan dalam pembacaan Alkitab! Kumpulkan pada guru untuk dinilai!

Pertanyaan diatas adalah soal Mendalami Alkitab, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 2 Hidup Manusia dalam Pemeliharaan Allah, halaman 26.

Jawaban lengkap:

Perikop tentang Pemeliharaan Allah bagi Manusia

Salah satu perikop yang menulis tentang pemeliharaan Allah bagi manusia adalah perikop Kejadian 45:5-8. Perikop ini menceritakan tentang kisah Yusuf yang dijual oleh saudara-saudaranya ke Mesir. Yusuf kemudian menjadi seorang pejabat tinggi di Mesir dan memiliki kedudukan yang sangat tinggi.

Dalam perikop ini, Allah menyatakan pemeliharaan-Nya bagi Yusuf melalui perkataannya kepada saudara-saudaranya. Allah berkata kepada mereka, "Janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu."

Dari perikop ini, kita dapat menemukan beberapa hal penting tentang pemeliharaan Allah bagi manusia, yaitu:
  • Allah selalu memelihara kehidupan manusia. Allah tidak pernah membiarkan manusia hidup dalam kesulitan. Dia selalu menyediakan jalan keluar bagi manusia, bahkan dalam keadaan yang paling sulit sekalipun.
  • Allah bekerja dalam segala hal untuk kebaikan manusia. Meskipun saudara-saudara Yusuf menjualnya ke Mesir, Allah justru menggunakan peristiwa itu untuk kebaikan Yusuf. Yusuf akhirnya menjadi seorang pejabat tinggi di Mesir dan dapat menyelamatkan keluarganya dari kelaparan.
  • Allah dapat menggunakan orang-orang jahat untuk kebaikan. Meskipun saudara-saudara Yusuf adalah orang-orang yang jahat, Allah justru menggunakan mereka untuk memelihara Yusuf. Allah bekerja dalam segala hal untuk kebaikan manusia, bahkan dalam perbuatan-perbuatan jahat orang lain.

Penerapan dalam Kehidupan

Pemahaman tentang pemeliharaan Allah bagi manusia dapat memberikan kita kekuatan dan pengharapan dalam menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup. Kita percaya bahwa Allah selalu menyertai kita dan tidak akan pernah membiarkan kita sendirian. Allah akan selalu menyediakan jalan keluar bagi kita, bahkan dalam keadaan yang paling sulit sekalipun.

Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan pemahaman tentang pemeliharaan Allah bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari:
  • Berdoalah kepada Allah setiap hari. Melalui doa, kita dapat menjalin hubungan dengan Allah dan mengungkapkan segala kebutuhan dan pergumulan kita kepada-Nya.
  • Percayalah kepada janji-janji Allah. Allah telah berjanji untuk memelihara umat-Nya. Kita harus percaya kepada janji-janji-Nya dan tidak pernah putus asa.
  • Bersyukurlah kepada Allah atas segala kebaikan-Nya. Syukur adalah ungkapan iman kita kepada Allah. Ketika kita bersyukur, kita mengakui bahwa segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Allah.

Dengan menerapkan pemahaman tentang pemeliharaan Allah bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjalani hidup dengan penuh pengharapan dan sukacita.

Jawaban singkat:

Perikop Kejadian 45:5-8: Pemeliharaan Allah bagi manusia berarti Allah selalu menyertai dan melindungi manusia, bahkan dalam keadaan yang paling sulit sekalipun. Allah bekerja dalam segala hal untuk kebaikan manusia, bahkan dalam perbuatan-perbuatan jahat orang lain.

Komentar