Cari dari Berbagai Sumber Mengenai 5 Tokoh yang Gambarnya Tertera diatas, Tulislah Ciri Khas Mereka Masing-Masing dan Buatlah Kolase Disertai Komentar dari Kamu Mengenai Tokoh-Tokoh tersebut

Cari dari berbagai sumber mengenai 5 tokoh yang gambarnya tertera diatas, tulislah ciri khas mereka masing-masing dan buatlah kolase disertai komentar dari kamu mengenai tokoh-tokoh tersebut. Mereka adalah para pejuang demokrasi dan HAM. Mereka mengabdikan hidupnya agi kemanusiaan dan keadilan. Diantara mereka berlima, Prof.Dr.muchtar Pakpahan masih sehat walafiat hingga kini dan concernnya terhadap perjuangan HAM masih tetap sama.

Pertanyaan diatas adalah soal Belajar dari Para Tokoh, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 6 Keadilan Sebagai Dasar Demokrasi dan HAM (Kajian Kritis Terhadap Sikap Gereja), halaman 77.

Jawaban:

Lima Tokoh Pejuang Demokrasi dan HAM

1. Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah seorang pemimpin anti-apartheid dan presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan. Ia lahir pada tahun 1918 dan meninggal pada tahun 2013. Mandela menghabiskan 27 tahun di penjara karena melawan apartheid. Setelah pembebasannya, ia memimpin perjuangan untuk mengakhiri apartheid dan membangun demokrasi di Afrika Selatan.

Ciri khas Mandela adalah keberaniannya untuk melawan ketidakadilan. Ia tidak pernah menyerah dalam perjuangannya untuk kesetaraan bagi semua orang, terlepas dari ras atau latar belakang mereka. Mandela adalah seorang pemimpin yang visioner dan inspiratif. Ia telah menjadi simbol harapan dan kebebasan bagi orang-orang di seluruh dunia. 

*Gambar Nelson Mandela

2. Martin Luther King Jr.

Martin Luther King Jr. adalah seorang pendeta Amerika dan pemimpin gerakan hak-hak sipil. Ia lahir pada tahun 1929 dan meninggal pada tahun 1968. King adalah seorang pendukung kuat non-kekerasan dalam perjuangannya untuk kesetaraan ras. Ia dikenal dengan pidatonya yang berapi-api, termasuk "I Have a Dream" yang disampaikan pada tahun 1963.

Ciri khas King adalah keyakinannya yang kuat pada kekuatan cinta dan perdamaian. Ia percaya bahwa non-kekerasan adalah cara yang paling efektif untuk mencapai perubahan sosial. King adalah seorang pemimpin yang karismatik dan berpengaruh. Ia telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia untuk memperjuangkan keadilan dan kesetaraan.

*Gambar Martin Luther King Jr.

3. Yap Thiem Hien

Yap Thiem Hien adalah seorang aktivis HAM Indonesia. Ia lahir pada tahun 1913 dan meninggal pada tahun 1989. Hien aktif dalam perjuangan untuk hak-hak buruh, hak-hak perempuan, dan hak-hak minoritas. Ia juga seorang tokoh penting dalam gerakan demokrasi di Indonesia.

Ciri khas Hien adalah komitmennya yang kuat terhadap keadilan sosial. Ia tidak pernah takut untuk menyuarakan pendapatnya, bahkan ketika itu berarti menghadapi risiko. Hien adalah seorang pemimpin yang berani dan bersemangat. Ia telah menginspirasi banyak orang untuk memperjuangkan keadilan bagi semua orang.

*Gambar Yap Thiem Hien

4. Prof. Dr. Muchtar Pakpahan

Prof. Dr. Muchtar Pakpahan adalah seorang pengacara dan aktivis HAM Indonesia. Ia lahir pada tahun 1953 dan meninggal pada tahun 2021. Pakpahan dikenal sebagai pengacara buruh yang membela hak-hak pekerja. Ia juga aktif dalam perjuangan untuk demokrasi dan HAM di Indonesia.

Ciri khas Pakpahan adalah kegigihannya dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat kecil. Ia tidak pernah takut untuk melawan ketidakadilan, bahkan ketika itu berarti harus menghadapi tekanan dari pemerintah. Pakpahan adalah seorang pemimpin yang tangguh dan berdedikasi. Ia telah menginspirasi banyak orang untuk memperjuangkan hak-hak mereka.

*Gambar Prof. Dr. Muchtar Pakpahan

5. Ade Rostina Sitompul

Ade Rostina Sitompul adalah seorang aktivis HAM Indonesia. Ia lahir pada tahun 1938 dan meninggal pada tahun 2011. Sitompul aktif dalam perjuangan untuk hak-hak perempuan dan hak-hak anak. Ia juga seorang tokoh penting dalam gerakan anti-korupsi di Indonesia.

Ciri khas Sitompul adalah keberaniannya untuk melawan ketidakadilan dan korupsi. Ia tidak pernah takut untuk menyuarakan pendapatnya, bahkan ketika itu berarti harus menghadapi ancaman. Sitompul adalah seorang pemimpin yang berani dan inspiratif. Ia telah menginspirasi banyak orang untuk memperjuangkan keadilan bagi perempuan dan anak-anak.

*Gambar Ade Rostina Sitompul

Komentar

Lima tokoh di atas adalah contoh dari para pejuang demokrasi dan HAM. Mereka telah mengabdikan hidupnya untuk kemanusiaan dan keadilan. Mereka adalah sosok-sosok inspiratif yang dapat menjadi teladan bagi kita semua.

Dari lima tokoh tersebut, saya paling mengagumi Nelson Mandela. Mandela adalah seorang pemimpin yang berani dan visioner. Ia telah menjadi simbol harapan dan kebebasan bagi orang-orang di seluruh dunia. Pidatonya yang berapi-api telah menginspirasi jutaan orang untuk memperjuangkan keadilan dan kesetaraan.

Saya juga mengagumi Martin Luther King Jr. King adalah seorang pemimpin yang karismatik dan berpengaruh. Ia telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia untuk memperjuangkan hak-hak sipil dan kesetaraan ras. Pidatonya yang bersejarah, "I Have a Dream", telah menjadi salah satu pidato paling berpengaruh dalam sejarah dunia.

Kelima tokoh tersebut telah memberikan kontribusi yang besar bagi perjuangan demokrasi dan HAM. Mereka adalah sosok-sosok inspiratif yang dapat menjadi teladan bagi kita semua.

* Keterangan: gambar 5 tokoh diatas dapat kamu cari di Internet.

Komentar