Cari Bahagian Alkitab yang Berkaitan dengan Keutuhan Ciptaan, Dalami dan Catat Point-Point yang Berkaitan dengan Keutuhan Ciptaan Kemudian Diskusikan

Cari bahagian Alkitab yang berkaitan dengan Keutuhan Ciptaan, dalami dan catat point-point yang berkaitan dengan keutuhan ciptaan kemudian diskusikan. Pada sekolah-sekolah dimana tersedia prasarana yang memadai, dapat dilakukan dengan menonton film atau video misalnay “Kiamat 2012” atau film lainnya kemudian bandingkan dengan hasil elaborasi bahan Alkitab lalu simpulkan, bagaimana menyelamatkan kehidupan mengacu pada bahan pelajaran yang dipelajari, film dan isi Alkitab!

Pertanyaan diatas adalah soal Mendalami Alkitab, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 11 Keutuhan Ciptaan, halaman 156.

Jawaban:

Bagian Alkitab yang berkaitan dengan Keutuhan Ciptaan

Ada banyak bagian Alkitab yang berkaitan dengan keutuhan ciptaan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:
  • Kejadian 1:1-31 - Dalam perikop ini, Allah digambarkan sebagai Pencipta segala sesuatu, termasuk langit dan bumi, serta semua makhluk hidup yang ada di dalamnya. Allah menciptakan segala sesuatu dengan baik dan indah, dan Dia memberikan ciptaan-Nya kepada manusia untuk dinikmati dan dijaga.
  • Kejadian 2:15-17 - Dalam perikop ini, Allah memberikan tugas kepada manusia untuk "menguasai" dan "mengusahakan" bumi. Hal ini berarti bahwa manusia bertanggung jawab untuk merawat dan memelihara bumi, serta memanfaatkannya secara bijak.
  • Keluaran 20:1-17 - Dalam sepuluh perintah Allah, terdapat perintah untuk "menjaga hari Sabat". Perintah ini mengajarkan kepada manusia untuk menghormati dan memuliakan Allah, serta untuk menghargai waktu dan ciptaan-Nya.
  • Mazmur 104 - Mazmur ini memuji kebesaran dan keagungan Allah sebagai Pencipta. Mazmur ini juga mengajarkan kepada manusia untuk bersyukur atas ciptaan Allah, serta untuk menjaganya dengan baik.
  • Roma 8:18-30 - Dalam perikop ini, Paulus mengajarkan bahwa segala sesuatu di dunia ini diciptakan untuk manusia, dan bahwa manusia diciptakan untuk memuliakan Allah. Paulus juga mengajarkan bahwa kemuliaan Allah akan dinyatakan melalui ciptaan-Nya, termasuk manusia.

Point-point yang berkaitan dengan keutuhan ciptaan

Berdasarkan bagian-bagian Alkitab di atas, berikut ini adalah beberapa point-point yang berkaitan dengan keutuhan ciptaan:
  • Allah adalah Pencipta segala sesuatu, termasuk manusia.
  • Manusia adalah wakil Allah di bumi, dan bertanggung jawab untuk merawat dan memelihara ciptaan-Nya.
  • Ciptaan Allah adalah baik dan indah, dan harus dinikmati dan dijaga dengan baik.
  • Manusia harus menghormati dan memuliakan Allah melalui ciptaan-Nya.

Perbandingan dengan film "Kiamat 2012"

Film "Kiamat 2012" menggambarkan sebuah peristiwa bencana alam yang menghancurkan bumi. Peristiwa ini disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik, yang menyebabkan gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus.

Film ini dapat dikaitkan dengan keutuhan ciptaan dalam beberapa hal. Pertama, film ini menunjukkan bahwa manusia dapat merusak ciptaan Allah. Hal ini terlihat dari banyaknya pembangunan yang dilakukan manusia tanpa memperhatikan lingkungan. Pembangunan ini dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara dan air, serta penggundulan hutan.

Kedua, film ini menunjukkan bahwa manusia harus bertanggung jawab atas tindakannya. Peristiwa bencana alam dalam film ini dapat dilihat sebagai hukuman dari Allah atas tindakan manusia yang merusak ciptaan-Nya.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa keutuhan ciptaan adalah hal yang penting dalam ajaran Kristen. Manusia memiliki tanggung jawab untuk merawat dan memelihara ciptaan Allah, agar ciptaan tersebut dapat terus dinikmati dan disyukuri oleh generasi mendatang.

Cara menyelamatkan kehidupan mengacu pada bahan pelajaran yang dipelajari, film dan isi Alkitab

Untuk menyelamatkan kehidupan, manusia harus melakukan hal-hal berikut:
  • Menghargai dan memuliakan Allah sebagai Pencipta.
  • Menyadari tanggung jawab manusia sebagai wakil Allah di bumi.
  • Menghormati dan menjaga ciptaan Allah.
  • Melakukan tindakan-tindakan yang dapat mencegah kerusakan lingkungan.

Tindakan-tindakan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:
  • Mengurangi penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
  • Memanfaatkan sumber daya alam secara bijak dan efisien.
  • Melakukan pengelolaan limbah yang baik.
  • Melakukan penanaman pohon dan penghijauan.
  • Menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, manusia dapat berperan dalam menjaga keutuhan ciptaan Allah, dan menyelamatkan kehidupan untuk generasi mendatang.

Komentar