Cari Bagian Alkitab Perjanjian Baru yang Menulis tentang Pelayanan Kaum Perempuan dan Catat Apa Saja Keistimewaan Mereka

Cari bagian Alkitab Perjanjian Baru yang menulis tentang pelayanan kaum perempuan dan catat apa saja keistimewaan mereka. Serta apa kesan mu terhadap mereka!

Pertanyaan diatas adalah soal pembuka Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 4 Allah Pengasih Memulihkan Kehidupan Bergereja, halaman 53.

Jawaban:

Bagian Alkitab Perjanjian Baru yang menulis tentang pelayanan kaum perempuan

Ada beberapa bagian Alkitab Perjanjian Baru yang menulis tentang pelayanan kaum perempuan, di antaranya adalah:

1. Kisah Para Rasul 2:17-18
Pada hari Pentakosta, Roh Kudus dicurahkan atas semua orang, termasuk perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa Roh Kudus tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan dalam pelayanan.

2. Kisah Para Rasul 16:14-15
Lydia adalah seorang perempuan yang menjual kain ungu dari Tiatira. Ia menjadi orang pertama yang dibaptis di Filipi. Lydia juga menjadi pemimpin jemaat di Filipi.

3. Kisah Para Rasul 18:26-28
Priskila dan Akwila adalah sepasang suami istri yang menjadi pengajar dan penginjil. Mereka juga menjadi rekan kerja Rasul Paulus dalam pelayanannya.

4. Roma 16:1-16
Dalam suratnya kepada jemaat di Roma, Rasul Paulus menyebutkan beberapa perempuan yang melayani di dalam gereja, di antaranya adalah Febe, Priskila, Junia, dan Trifosa.

5. 1 Timotius 3:11
Rasul Paulus menulis bahwa perempuan tua yang saleh harus dihormati karena pelayanannya sebagai pengajar.

Keistimewaan kaum perempuan dalam pelayanan

Dari bagian-bagian Alkitab tersebut, dapat kita ketahui beberapa keistimewaan kaum perempuan dalam pelayanan, di antaranya adalah:

a. Kepercayaan diri
Kaum perempuan dalam Alkitab tidak pernah ragu untuk melayani Tuhan. Mereka berani untuk tampil di depan umum dan bersaksi tentang Injil.

b. Keberanian
Kaum perempuan dalam Alkitab juga memiliki keberanian untuk menghadapi tantangan dalam pelayanan. Mereka tidak takut untuk bersaksi tentang Injil, bahkan di hadapan orang-orang yang tidak percaya.

c. Kesetiaan
Kaum perempuan dalam Alkitab juga setia melayani Tuhan. Mereka tidak pernah lelah untuk melayani, bahkan sampai akhir hayat mereka.

Kesan terhadap kaum perempuan dalam pelayanan

Keistimewaan-keistimewaan tersebut menunjukkan bahwa kaum perempuan memiliki peran yang penting dalam pelayanan. Mereka dapat menjadi teladan bagi kita untuk berani, setia, dan percaya diri dalam melayani Tuhan.

Saya salut dengan keberanian dan ketaatan kaum perempuan dalam Alkitab. Mereka telah menunjukkan kepada kita bahwa perempuan juga dapat menjadi pemimpin dan pengajar dalam pelayanan. Kita dapat belajar dari mereka untuk berani mengambil bagian dalam pelayanan Tuhan, tanpa memandang gender.

Komentar