Buatlah Target Hidup yang Mengubah Kalian agar Menjadi Dewasa

Kini kalian telah belajar tentang kedewasaan hidup. Kalian juga telah belajar untuk membangun sebuah kehidupan baru yang terus bertumbuh makin matang. Untuk itu, buatlah target hidup yang mengubah kalian agar menjadi dewasa. Ajaklah juga seisi keluargamu untuk proses perubahan ini!.

Tabel 6.2 Kegiatan Perubahan Hidup


Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 6 Menjadi Pribadi yang Dewasa, halaman 70.

Jawaban:

Kebiasaan Lama
  • Cuek dengan keadaan di rumah yang berantakan atau kotor.
  • Sering menunda-nunda pekerjaan.
  • Sering marah-marah tanpa sebab.

Perubahan
  • Memberi perhatian pada keadaan di rumah, membereskan dan membersihkannya dalam koordinasi dengan orang tua dan mengajak seisi rumah untuk turut melakukan pekerjaan tersebut dengan gembira dan tulus hati.
  • Belajar untuk mengatur waktu dengan baik dan menyelesaikan tugas tepat waktu.
  • Belajar untuk mengendalikan emosi dan tidak mudah marah.

Penjelasan

Kebiasaan lama yang pertama, yaitu cuek dengan keadaan di rumah yang berantakan atau kotor, adalah kebiasaan yang tidak baik. Kebiasaan ini dapat membuat rumah menjadi tidak nyaman dan tidak sehat. Perubahan yang dilakukan adalah dengan mulai memperhatikan keadaan rumah, membereskan dan membersihkannya secara rutin. Hal ini dapat dilakukan dengan koordinasi dengan orang tua dan mengajak seisi rumah untuk turut serta. Dengan demikian, rumah akan menjadi bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Kebiasaan lama yang kedua, yaitu sering menunda-nunda pekerjaan, juga merupakan kebiasaan yang tidak baik. Kebiasaan ini dapat membuat pekerjaan menjadi menumpuk dan sulit diselesaikan. Perubahan yang dilakukan adalah dengan belajar untuk mengatur waktu dengan baik dan menyelesaikan tugas tepat waktu. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat jadwal kegiatan dan berusaha untuk disiplin dalam menjalankannya.

Kebiasaan lama yang ketiga, yaitu sering marah-marah tanpa sebab, juga merupakan kebiasaan yang tidak baik. Kebiasaan ini dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman dan dapat menimbulkan masalah. Perubahan yang dilakukan adalah dengan belajar untuk mengendalikan emosi dan tidak mudah marah. Hal ini dapat dilakukan dengan belajar untuk berpikir sebelum bertindak dan melatih diri untuk bersikap sabar.

Perubahan-perubahan ini tentu tidak mudah dilakukan. Diperlukan komitmen dan usaha yang keras untuk melakukannya. Namun, jika kita bertekad untuk berubah, maka kita pasti dapat melakukannya. Dengan berubah, kita akan menjadi pribadi yang lebih dewasa dan lebih baik.

Ajakan kepada seisi keluarga

Selain melakukan perubahan sendiri, kita juga dapat mengajak seisi keluarga untuk turut serta dalam proses perubahan. Hal ini akan membuat proses perubahan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kita dapat mengajak keluarga untuk melakukan kegiatan-kegiatan bersama, seperti membersihkan rumah, mengatur jadwal kegiatan, dan belajar mengendalikan emosi. Dengan demikian, keluarga kita akan menjadi keluarga yang lebih harmonis dan bahagia.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengajak keluarga untuk turut serta dalam proses perubahan:
  • Bicaralah dengan keluarga tentang pentingnya perubahan.
  • Jelaskan tujuan dari perubahan yang ingin dilakukan.
  • Dengarkan pendapat dan masukan dari keluarga.
  • Buatlah rencana perubahan yang realistis dan dapat dicapai.
  • Berikan contoh yang baik dalam menerapkan perubahan.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, kita dapat mengajak keluarga untuk turut serta dalam proses perubahan dan menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Komentar