Buatlah Sedikitnya Tiga Perbandingan Sikap Hidup Kekanak-Kanakan dan Sikap Hidup Dewasa. Tuliskan Juga Penjelasannya Masing-Masing!

Buatlah sedikitnya tiga perbandingan sikap hidup kekanak-kanakan dan sikap hidup dewasa. Tuliskan juga penjelasannya masing-masing!

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 6 Menjadi Pribadi yang Dewasa, halaman 67.

Jawaban:

Perbandingan Sikap Hidup Kekanak-kanakan dan Sikap Hidup Dewasa

1. Sikap Hidup Kekanak-kanakan
  • Mudah terpancing emosi
  • Suka mencari perhatian
  • Suka menyalahkan orang lain
  • Suka mengeluh
  • Suka menghindar dari tanggung jawab

Penjelasan:

Mudah terpancing emosi
Orang yang kekanak-kanakan cenderung mudah terpancing emosinya. Mereka sering marah, kesal, atau sedih tanpa alasan yang jelas. Hal ini karena mereka belum memiliki kemampuan mengendalikan emosi dengan baik.

Suka mencari perhatian
Orang yang kekanak-kanakan sering mencari perhatian dari orang lain. Mereka mungkin akan bertingkah laku yang berlebihan, membuat ulah, atau bahkan berbohong. Hal ini karena mereka merasa tidak percaya diri dan membutuhkan pengakuan dari orang lain.

Suka menyalahkan orang lain
Orang yang kekanak-kanakan sering menyalahkan orang lain atas kesalahan yang mereka lakukan. Mereka tidak mau mengakui kesalahan mereka dan lebih memilih menyalahkan orang lain. Hal ini karena mereka belum memiliki kematangan untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Suka mengeluh
Orang yang kekanak-kanakan sering mengeluh tentang segala hal. Mereka selalu merasa tidak puas dan selalu menuntut lebih. Hal ini karena mereka belum memiliki kemampuan untuk bersyukur atas apa yang mereka miliki.

Suka menghindar dari tanggung jawab
Orang yang kekanak-kanakan sering menghindar dari tanggung jawab. Mereka tidak mau mengerjakan tugas-tugas mereka dan lebih memilih untuk bermain atau bersenang-senang. Hal ini karena mereka belum memiliki kematangan untuk menghadapi tantangan.

2. Sikap Hidup Dewasa
  • Mampu mengendalikan emosi
  • Sadar diri
  • Bertanggung jawab
  • Positif
  • Bersikap proaktif

Penjelasan:

Mampu mengendalikan emosi
Orang yang dewasa mampu mengendalikan emosinya dengan baik. Mereka tidak mudah terpancing emosi dan selalu berusaha berpikir jernih dalam menghadapi situasi yang sulit.

Sadar diri
Orang yang dewasa sadar akan kelebihan dan kekurangan dirinya. Mereka tidak mudah merasa sombong atau rendah diri.

Bertanggung jawab
Orang yang dewasa bertanggung jawab atas tindakan mereka. Mereka tidak suka menyalahkan orang lain atas kesalahan mereka.

Positif
Orang yang dewasa selalu berpikir positif dalam menghadapi setiap masalah. Mereka tidak mudah menyerah dan selalu berusaha mencari solusi terbaik.

Bersikap proaktif
Orang yang dewasa tidak hanya menunggu nasib. Mereka selalu berusaha untuk mengambil inisiatif dan bertindak untuk mencapai tujuan mereka.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa sikap hidup kekanak-kanakan dan sikap hidup dewasa memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Orang yang dewasa memiliki kematangan emosional, kesadaran diri, tanggung jawab, sikap positif, dan sikap proaktif. Sementara itu, orang yang kekanak-kanakan cenderung memiliki emosi yang labil, suka mencari perhatian, tidak bertanggung jawab, suka mengeluh, dan suka menghindar dari tanggung jawab.

Untuk menjadi pribadi yang dewasa, kita perlu belajar untuk mengendalikan emosi, sadar akan diri sendiri, bertanggung jawab, berpikir positif, dan bersikap proaktif. Kita juga perlu menghindari sikap-sikap kekanak-kanakan seperti mudah terpancing emosi, suka mencari perhatian, suka menyalahkan orang lain, suka mengeluh, dan suka menghindar dari tanggung jawab.

Komentar