Buatlah Sebuah Kliping tentang Perwujudan Kasih di Masyarakat. Jadikan Teks Alkitab sebagai Landasan Menjelaskan Kliping tersebut

Bacalah teks di atas dengan teliti (Matius 22:39 dan Roma 14:13–23). Bersama dengan 2-3 orang teman kalian, buatlah sebuah kliping tentang perwujudan kasih di masyarakat. Jadikan teks Alkitab sebagai landasan menjelaskan kliping tersebut. Berikan tema pada setiap gambar atau lukisan, dan tampilkan juga narasinya!

Untuk membuat kliping tersebut, siapkan beberapa koran, karton manila, gunting, selotip atau lem. Potonglah gambar atau berita pada koran tersebut, lalu tempelkan pada kertas karton dengan dengan menggunakan lem atau selotip! Potongan gambar atau berita harus sesuai dengan tema pelajaran.

Pertanyaan diatas adalah soal Kegiatan 4: Membuat Kliping, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 8 Iman Kristen dan Pancasila, halaman 92.

Jawaban:

Kliping Perwujudan Kasih di Masyarakat

Tema: Kasih Tanpa Batas
Teks Alkitab: Matius 22:39 dan Roma 14:13–23

Narasinya:

Kasih adalah salah satu nilai luhur yang diajarkan oleh agama Kristen. Kasih adalah sikap yang menunjukkan perhatian, kepedulian, dan kesediaan untuk membantu orang lain tanpa memandang perbedaan.

Alkitab mengajarkan bahwa kasih harus diwujudkan kepada semua orang, tanpa batas. Hal ini ditegaskan dalam Matius 22:39, yang berbunyi:

"Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Dalam Roma 14:13–23, Rasul Paulus juga mengajarkan bahwa kasih harus menjadi dasar hubungan antarumat beragama. Paulus menegaskan bahwa umat Allah tidak boleh saling menghina, merendahkan, atau mencela orang lain yang berbeda keyakinan.

Berikut ini adalah beberapa contoh perwujudan kasih di masyarakat:
  • Membantu orang yang membutuhkan. Misalnya, membantu korban bencana alam, memberikan santunan kepada anak yatim piatu, atau menolong orang yang tertimpa musibah.
  • Menyayangi orang yang berbeda. Misalnya, berteman dengan orang yang berbeda suku, agama, ras, atau golongan.
  • Menjaga kerukunan antarumat beragama. Misalnya, saling menghormati keyakinan dan tradisi masing-masing agama.

Gambar 1: Cari di google gambar seorang anak memberikan bantuan kepada korban bencana alam.

Narasinya:

Anak laki-laki ini menunjukkan kasihnya kepada sesama manusia dengan membantu korban bencana alam. Ia memberikan bantuan berupa makanan, pakaian, dan obat-obatan.

Gambar 2: Cari di google gambar sekelompok pemuda dari berbagai agama bersatu dalam kegiatan bakti sosial.

Narasinya:

Sekelompok pemuda dari berbagai agama bersatu dalam kegiatan bakti sosial. Mereka membersihkan lingkungan, membagikan makanan, dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Gambar 3: Cari di google gambar seorang ibu berbagi kasih dengan tetangganya yang beragama lain.

Narasinya:

Seorang ibu membagikan makanan kepada tetangganya yang beragama lain. Ia melakukannya tanpa memandang perbedaan agama.

Kasih adalah kekuatan yang dapat menyatukan umat manusia. Dengan kasih, kita dapat menciptakan masyarakat yang damai dan sejahtera.

Komentar