Buatlah Sebuah Kalimat Singkat Tentang “Membangun Komunikasi Berkualitas dalam Keluarga”


Kalian telah belajar tentang komunikasi dalam keluarga. Kalian juga telah belajar bagaimana membangun pemahaman komunikasi melalui halo effect. Sekarang buatlah sebuah kalimat singkat tentang “membangun komunikasi berkualitas dalam keluarga”. Kirimkanlah kalimat tersebut kepada lima orang temanmu atau ke media sosial yang kalian miliki (FB, IG, Line, WA, dll) agar teman-teman kalian dapat turut membangun komunikasi yang berkualitas dalam keluarganya! Jadikan pola tersebut sebagai desain komunikasi dalam keluarga. Sebagai contoh, kalian bisa menulis, “Guys… berkata jujur dalam keluarga adalah sebuah keindahan. Mari membangun komunikasi dalam keluarga dengan kejujuran dan keterbukaan.”

Pertanyaan diatas adalah soal Pengayaan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 4 Komunikasi Keluarga, halaman 50.

Jawaban:

Kalimat singkat tentang membangun komunikasi berkualitas dalam keluarga:

“Komunikasi keluarga yang berkualitas dimulai dengan kejujuran dan keterbukaan.”

Penjelasan:

Kalimat tersebut singkat dan mudah dimengerti, namun tetap mencakup esensi dari komunikasi berkualitas dalam keluarga. Kejujuran dan keterbukaan adalah dua hal yang penting dalam komunikasi, baik dalam keluarga maupun dalam hubungan antar manusia lainnya.

Kejujuran adalah sikap terbuka dan berkata apa adanya, tanpa menyembunyikan kebenaran. Keterbukaan adalah sikap bersedia untuk membagikan pikiran, perasaan, dan pengalaman kepada orang lain.

Ketika komunikasi keluarga didasarkan pada kejujuran dan keterbukaan, maka akan tercipta hubungan yang harmonis dan saling pengertian. Setiap anggota keluarga akan merasa nyaman untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya, tanpa takut dihakimi atau ditolak.

Penerapan:

Kalimat tersebut dapat diterapkan dengan cara mengajak teman-teman untuk mempraktikkan kejujuran dan keterbukaan dalam komunikasi keluarga mereka. Misalnya, dengan saling mendengarkan dan menghargai pendapat masing-masing, atau dengan berbagi cerita dan pengalaman pribadi.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang dapat digunakan untuk mengajak teman-teman untuk membangun komunikasi berkualitas dalam keluarga:
  • “Guys, kita sepakat untuk selalu jujur dan terbuka dalam berkomunikasi, ya? Biar hubungan kita makin erat.”
  • “Aku suka mendengar ceritamu, kak. Kamu orang yang terbuka dan mudah diajak bicara.”
  • “Makasih, bu, sudah selalu mendengarkanku. Aku merasa nyaman untuk berbagi cerita denganmu.”

Dengan mengajak teman-teman untuk membangun komunikasi berkualitas dalam keluarga, kita dapat turut berperan dalam menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis dan bahagia.

Comments