Buatlah Sebuah Desain Program Komunikasi dalam Keluarga Kalian. Amati dengan Saksama Apa Saja Potensi yang Bisa Dikembangkan di Dalamnya!

Buatlah sebuah desain program komunikasi dalam keluarga kalian. Amati dengan saksama apa saja potensi yang bisa dikembangkan di dalamnya!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 3, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 4 Komunikasi Keluarga, halaman 46.

Jawaban:

Model Komunikasi Halo Effect dalam Keluarga

Berdasarkan materi yang telah dibahas, model komunikasi halo effect dalam keluarga adalah model komunikasi yang dibangun di atas dasar pemahaman positif terhadap setiap anggota keluarga. Model komunikasi ini bertolak belakang dengan model komunikasi horn effect yang dibangun di atas dasar pemahaman negatif terhadap seseorang.

Dalam model komunikasi halo effect, setiap anggota keluarga saling membuka diri dan menghargai satu sama lain. Mereka tidak saling menghakimi, tetapi saling mendukung dan menguatkan. Mereka juga saling percaya dan menghormati pendapat masing-masing.

Model komunikasi halo effect dapat dibangun dengan menerapkan beberapa prinsip berikut:

1. Komunikasi yang jujur dan terbuka
Komunikasi yang jujur dan terbuka adalah kunci utama dalam membangun hubungan yang positif. Setiap anggota keluarga harus berani mengungkapkan perasaan dan pikirannya dengan jujur. Hal ini akan membantu mereka untuk saling memahami dan membangun kepercayaan.

2. Komunikasi yang empatik
Komunikasi yang empatik adalah komunikasi yang mampu memahami perasaan dan sudut pandang orang lain. Ketika kita berkomunikasi dengan empati, kita akan berusaha untuk memahami apa yang orang lain rasakan dan pikirkan. Hal ini akan membantu kita untuk membangun hubungan yang lebih mendalam.

3. Komunikasi yang positif
Komunikasi yang positif adalah komunikasi yang fokus pada hal-hal yang baik. Ketika kita berkomunikasi dengan positif, kita akan berusaha untuk melihat sisi positif dari setiap anggota keluarga. Hal ini akan membantu kita untuk membangun suasana yang hangat dan harmonis dalam keluarga.

Desain Program Komunikasi Keluarga

Berikut adalah desain program komunikasi keluarga yang dapat dikembangkan untuk membangun model komunikasi halo effect:
  • Waktu: Setiap anggota keluarga meluangkan waktu khusus untuk berkomunikasi satu sama lain. Waktu ini dapat digunakan untuk makan bersama, bercerita, atau sekadar mengobrol.
  • Tempat: Komunikasi dapat dilakukan di mana saja, asalkan tempat tersebut nyaman dan kondusif.
  • Topik: Topik komunikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat masing-masing anggota keluarga. Namun, sebaiknya topik komunikasi difokuskan pada hal-hal yang positif dan membangun.
  • Metode: Metode komunikasi dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Namun, sebaiknya metode komunikasi yang dipilih dapat membantu membangun hubungan yang positif dan harmonis.

Potensi yang Dapat Dikembangkan

Program komunikasi keluarga yang dibangun dengan prinsip-prinsip halo effect dapat memberikan berbagai manfaat bagi keluarga, antara lain:
  • Meningkatkan pemahaman dan saling pengertian antaranggota keluarga
  • Membangun kepercayaan dan keharmonisan dalam keluarga
  • Menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dalam keluarga
  • Meningkatkan kualitas hidup keluarga

Untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut, program komunikasi keluarga dapat divariasikan dengan berbagai kegiatan, antara lain:
  • Membacakan cerita atau kisah inspiratif
  • Bermain permainan yang melibatkan seluruh anggota keluarga
  • Membuat proyek bersama
  • Mengadakan kegiatan keagamaan atau spiritual

Dengan menerapkan model komunikasi halo effect dan mengembangkan program komunikasi keluarga yang tepat, kita dapat membangun keluarga yang harmonis dan bahagia.

Komentar