Buatlah Sebuah Catatan Singkat tentang Deskripsi Kehidupan Keluarga Kristen atau Ciri-Ciri Keluarga Kristen

Pada kertas kerja kalian, buatlah sebuah catatan singkat tentang deskripsi kehidupan keluarga Kristen atau ciri-ciri keluarga Kristen!

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 7 Kucinta Keluarga Tuhan, halaman 81.

Jawaban:

Ciri-ciri Keluarga Kristen

Keluarga Kristen adalah keluarga yang mendasarkan kehidupannya pada ajaran dan nilai-nilai Kristen. Keluarga Kristen memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Memiliki kasih yang tidak bersyarat
Kasih adalah fondasi utama dari keluarga Kristen. Kasih yang tidak bersyarat berarti kasih yang diberikan tanpa memandang kondisi atau keadaan. Anggota keluarga Kristen saling mengasihi tanpa pamrih, baik dalam suka maupun duka.

2. Memiliki hubungan yang harmonis
Keluarga Kristen memiliki hubungan yang harmonis dan penuh pengertian. Anggota keluarga saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Mereka juga saling mendukung dan menolong dalam berbagai hal.

3. Memiliki iman yang kuat
Keluarga Kristen memiliki iman yang kuat kepada Tuhan Yesus Kristus. Mereka menjadikan Tuhan sebagai pusat kehidupan keluarga mereka. Iman yang kuat akan menjadi kekuatan bagi keluarga Kristen untuk menghadapi berbagai tantangan dalam hidup.

4. Melakukan ibadah bersama
Keluarga Kristen melakukan ibadah bersama secara rutin. Ibadah bersama merupakan momen untuk keluarga Kristen memuji dan menyembah Tuhan, serta belajar firman Tuhan bersama.

5. Menyebarkan kasih kepada sesama
Keluarga Kristen menyebarkan kasih kepada sesama, baik di dalam keluarga maupun di luar keluarga. Mereka saling mengasihi dan membantu sesama, tanpa memandang perbedaan.

Ciri-ciri keluarga Kristen di atas dapat diwujudkan dalam berbagai cara, misalnya:
  • Selalu berkomunikasi dengan baik satu sama lain. Mereka saling terbuka dan jujur dalam mengungkapkan perasaan dan pikirannya.
  • Saling menolong dan mendukung dalam berbagai hal, baik dalam hal materi maupun non-materi. Mereka selalu siap sedia untuk membantu anggota keluarga yang sedang membutuhkan.
  • Menjadi teladan bagi orang lain dalam hal kehidupan Kristen. Mereka menunjukkan kasih, pengampunan, dan sukacita dalam kehidupan sehari-hari.

Keluarga Kristen memiliki peran penting dalam masyarakat. Keluarga Kristen dapat menjadi teladan bagi masyarakat dalam hal kehidupan yang harmonis, penuh kasih, dan berakar pada iman.

Komentar