Buatlah Program Ekologi di Lingkungan Rumah dan Sekolah Kalian, Tulislah Sebuah Puisi tentang Alam dan Lingkungan Hidup

Buatlah program ekologi di lingkungan rumah dan sekolah kalian. Berikan perhatian pada pokok pelestarian lingkungan. Lalu pada akhir pekan, sebagai bentuk penajaman atas pengayaan, tulislah sebuah puisi tentang alam dan lingkungan hidup!



Pertanyaan diatas adalah soal Pengayaan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 11 Teologi Ekologi, halaman 127.

Jawaban

Proyek Ekologi Lingkungan Rumah dan Sekolah

Hari/Tanggal: Senin, 15 Januari 2024
Nama Proyek: Menanam pohon, baik jangka pendek maupun jangka panjang
Terlaksana/Tidak: Terlaksana
Penjelasan: Menanam pohon merupakan salah satu cara untuk melestarikan lingkungan. Pohon dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, sehingga dapat membantu mengurangi polusi udara. Selain itu, pohon juga dapat menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan.

Hari/Tanggal: Selasa, 16 Januari 2024
Nama Proyek: Melakukan pemilahan sampah
Terlaksana/Tidak: Terlaksana
Penjelasan: Pemilahan sampah dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir. Sampah yang sudah dipilah dapat didaur ulang atau diolah kembali, sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

Hari/Tanggal: Rabu, 17 Januari 2024
Nama Proyek: Menghemat air dan listrik
Terlaksana/Tidak: Terlaksana
Penjelasan: Menghemat air dan listrik dapat membantu mengurangi konsumsi sumber daya alam. Air dan listrik merupakan sumber daya alam yang terbatas, sehingga kita harus menggunakannya dengan bijak.

Hari/Tanggal: Kamis, 18 Januari 2024
Nama Proyek: Menjaga kebersihan lingkungan
Terlaksana/Tidak: Terlaksana
Penjelasan: Menjaga kebersihan lingkungan dapat membantu mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Kita dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak mengotori lingkungan.

Hari/Tanggal: Jumat, 19 Januari 2024
Nama Proyek: Melakukan sosialisasi tentang pelestarian lingkungan
Terlaksana/Tidak: Terlaksana
Penjelasan: Sosialisasi tentang pelestarian lingkungan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Kita dapat melakukan sosialisasi dengan cara memberikan penyuluhan, membuat poster atau spanduk, dan membagikan selebaran.

Hari/Tanggal: Sabtu, 20 Januari 2024
Nama Proyek: Melakukan aksi peduli lingkungan
Terlaksana/Tidak: Terlaksana
Penjelasan: Aksi peduli lingkungan dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk ikut menjaga lingkungan. Aksi peduli lingkungan yang dapat kita lakukan antara lain menanam pohon, membersihkan lingkungan, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk melindungi lingkungan.

Puisi tentang alam dan lingkungan hidup

Alamku

Alamku, nan indah permai
Penuh dengan keajaiban
Hamparan hijau pepohonan
Menyempurnakan ciptaan

Burung berkicau riang gembira
Serta kupu-kupu yang beterbangan
Seolah menyambut kedatanganku
Ke alam yang penuh pesona

Angin berhembus sepoi-sepoi
Menyejukkan hati dan pikiran
Air sungai mengalir jernih
Seolah menyapa kerinduan

Alamku, aku cinta padamu
Engkaulah tempat tinggalku
Engkaulah sumber kehidupanku
Engkaulah segalanya bagiku

Mari kita jaga alam kita
Agar tetap lestari
Agar dapat dinikmati
Oleh generasi mendatang

Penjelasan

Pelestarian lingkungan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kita sebagai umat manusia. Kita harus menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat, dan lestari. Dengan menjaga lingkungan, kita dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi diri kita sendiri, generasi mendatang, dan makhluk hidup lainnya.

Proyek ekologi yang telah saya lakukan di lingkungan rumah dan sekolah merupakan salah satu bentuk upaya saya untuk menjaga lingkungan. Proyek-proyek tersebut bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan, menghemat sumber daya alam, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Saya berharap proyek-proyek tersebut dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Saya juga berharap proyek-proyek tersebut dapat menjadi contoh bagi orang lain untuk ikut menjaga lingkungan.

Komentar