Buatlah Kolase Berupa Gambar ataupun Cerita Mengenai Kaum Perempuan dan Laki-Laki yang Menjadi Motivator bagi Pembaharuan Gereja

Buatlah kolase berupa gambar ataupun cerita mengenai kaum perempuan dan laki-laki yang menjadi motivator bagi pembaharuan gereja. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikut.

Pertanyaan diatas adalah soal Tugas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 4 Allah Pengasih Memulihkan Kehidupan Bergereja, halaman 54.

Jawaban:

Kolase Kaum Perempuan dan Laki-Laki Motivator Pembaharuan Gereja

Gambar 1: Teresa dari Avila

Teresa dari Avila adalah seorang biarawati Katolik Spanyol yang lahir pada tahun 1515. Ia adalah salah satu tokoh utama dalam gerakan Reformasi Katolik, yang bertujuan untuk memurnikan gereja dari korupsi dan ajaran yang menyimpang.

Teresa dikenal sebagai penulis spiritual yang produktif. Ia menulis banyak buku, termasuk "Autobiografi" dan "Kisah Hidup Spiritual". Buku-bukunya memberikan inspirasi bagi banyak orang, termasuk para biarawati, pendeta, dan umat awam.

Teresa juga dikenal sebagai pemimpin yang bersemangat. Ia mendirikan banyak biara baru di Spanyol, dan mendorong para biarawatinya untuk hidup dalam kemiskinan dan kesederhanaan.

Gambar 2: Martin Luther

Martin Luther adalah seorang biarawan Katolik Jerman yang lahir pada tahun 1483. Ia adalah tokoh utama dalam Reformasi Protestan, yang bertujuan untuk memisahkan diri dari gereja Katolik.

Luther dikenal karena kritiknya terhadap praktik jual beli indulgensia, yang merupakan praktik penjualan surat pengampunan dosa. Ia percaya bahwa keselamatan hanya dapat diperoleh melalui iman kepada Yesus Kristus, bukan melalui perbuatan baik.

Luther juga dikenal karena penerjemahannya Alkitab ke dalam bahasa Jerman. Terjemahannya ini membuat Alkitab lebih mudah diakses oleh orang-orang biasa, dan berkontribusi pada penyebaran Reformasi Protestan.

Gambar 3: John Calvin

John Calvin adalah seorang teolog dan reformator gereja Swiss yang lahir pada tahun 1509. Ia adalah salah satu tokoh utama dalam Reformasi Protestan.

Calvin dikenal karena ajarannya tentang predestinasi, yang merupakan ajaran bahwa Allah telah menentukan siapa yang akan diselamatkan dan siapa yang akan dihukum. Ajaran ini menimbulkan kontroversi, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan teologi Protestan.

Calvin juga dikenal karena peranannya dalam mendirikan Jemaat Reformed, salah satu denominasi Protestan terbesar di dunia.

Gambar 4: William Wilberforce

William Wilberforce adalah seorang politikus dan filantropis Inggris yang lahir pada tahun 1759. Ia adalah salah satu tokoh utama dalam gerakan penghapusan perbudakan di Inggris.

Wilberforce menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk memperjuangkan penghapusan perbudakan. Ia berhasil meyakinkan parlemen Inggris untuk melarang perdagangan budak pada tahun 1807, dan untuk membebaskan semua budak di Inggris dan koloni-koloninya pada tahun 1833.

Wilberforce adalah seorang tokoh yang inspiratif. Ia menunjukkan bahwa satu orang dapat membuat perbedaan besar di dunia.

Gambar 5: Harriet Tubman

Harriet Tubman adalah seorang budak Amerika yang lahir pada tahun 1822. Ia adalah salah satu tokoh utama dalam gerakan Underground Railroad, yang membantu budak melarikan diri dari Amerika Serikat ke Kanada.

Tubman sendiri melarikan diri dari perbudakan pada tahun 1849. Ia kemudian kembali ke Amerika Selatan sebanyak 19 kali untuk membantu lebih dari 300 budak melarikan diri.

Tubman adalah seorang wanita yang berani dan tangguh. Ia menunjukkan bahwa tidak ada yang mustahil jika kita memiliki tekad yang kuat.

Penjelasan

Kaum perempuan dan laki-laki yang menjadi motivator bagi pembaharuan gereja adalah mereka yang memiliki tekad dan semangat untuk memajukan gereja. Mereka tidak takut untuk menentang status quo dan berjuang untuk perubahan.

Teresa dari Avila, Martin Luther, John Calvin, William Wilberforce, dan Harriet Tubman adalah contoh dari kaum perempuan dan laki-laki motivator pembaharuan gereja. Mereka semua memiliki peran penting dalam memajukan gereja dan dunia.

Naporlu botoon: Cari gambar tokohnya di Internet.

Komentar