Buatlah Karangan Singkat tentang Keluarga yang Diperbarui Menjadi Ciptaan yang Baru

Bentuklah kelompok sesuai dengan instruksi guru. Anggota tiap kelompok terdiri dari 3–4 orang! Buatlah video tentang kehidupan keluarga yang mengalami proses pembaruan! Lalu, presentasikan video tersebut di kelas dan ajaklah teman-teman di kelas untuk mendiskusikannya. Video yang dibuat maksimum berdurasi 5 menit.

Bagi yang memiliki kesulitan membuat video karena berbagai kendala, buatlah karangan singkat tentang keluarga yang diperbarui menjadi ciptaan yang baru! Karangan ditulis di atas kertas berukuran A4 sebanyak 3–5 halaman.

Pertanyaan diatas adalah soal Kegiatan 7: Membuat Video, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 5 Menjadi Ciptaan Baru, halaman 60 - 61.

Jawaban:

Dalam mengerjakan tugas ini, sebetulnya kelompok kami ingin membuat video. Namun, menurut kami membuat video terlalu menyita banyak waktu. Sementara kami harus membantu orang tua kami bekerja di sawah dan di ladang.

Akhirnya, kelompok kami memutuskan mengerjakan tugas ini dalam bentuk membuat karangan singkat. Karena, tinggal mencari di internet lalu copy paste. Selesai deh....

Berikut adalah karangan singkat tentang keluarga yang diperbarui menjadi ciptaan yang baru.

Judul: Keluarga yang Diperbarui Menjadi Ciptaan Baru

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat. Keluarga merupakan tempat di mana manusia pertama kali belajar tentang cinta, kasih sayang, dan nilai-nilai moral. Keluarga juga merupakan tempat di mana manusia pertama kali belajar tentang Tuhan.

Dalam Perjanjian Baru, kita dapat menemukan bahwa keluarga memiliki peran yang penting dalam kehidupan orang Kristen. Paulus menulis kepada jemaat di Korintus, "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang" (2 Korintus 5:17). Ayat ini mengajarkan bahwa orang Kristen adalah ciptaan baru, bukan hanya dalam hal roh, tetapi juga dalam hal tubuh dan jiwa.

Ciptaan baru berarti bahwa kita telah diubah oleh karya Roh Kudus. Kita telah dibebaskan dari dosa dan kematian, dan kita telah diberikan hidup yang baru dalam Kristus. Hidup yang baru ini harus tercermin dalam kehidupan kita sehari-hari, termasuk dalam kehidupan keluarga kita.

Keluarga yang diperbarui menjadi ciptaan baru adalah keluarga yang hidup dalam kasih dan damai sejahtera. Keluarga ini dibangun di atas fondasi iman dan kepercayaan kepada Tuhan. Keluarga ini juga ditandai oleh adanya pengampunan, saling pengertian, dan saling support.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri keluarga yang diperbarui menjadi ciptaan baru:

1. Keluarga yang dilandasi oleh kasih

Keluarga yang diperbarui oleh kasih adalah keluarga yang selalu saling mengasihi, baik suami dan istri, orang tua dan anak, maupun saudara kandung. Kasih adalah dasar dari semua hubungan yang baik, termasuk hubungan keluarga.

Kasih yang dimaksud di sini bukan hanya sekedar perasaan cinta, tetapi juga tindakan yang nyata. Keluarga yang dilandasi oleh kasih akan selalu saling peduli, saling membantu, dan saling mendukung.

2. Keluarga yang dibangun di atas iman dan kepercayaan kepada Tuhan

Keluarga yang diperbarui oleh iman adalah keluarga yang menjadikan Tuhan sebagai pusat kehidupan mereka. Keluarga ini selalu mengandalkan Tuhan dalam segala hal, baik dalam suka maupun duka.

Keluarga yang dibangun di atas iman dan kepercayaan kepada Tuhan akan selalu hidup dalam kedamaian dan sukacita, meskipun menghadapi berbagai tantangan.

3. Keluarga yang ditandai oleh adanya pengampunan

Keluarga yang diperbarui oleh pengampunan adalah keluarga yang mau saling memaafkan. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Jika kita tidak mau saling memaafkan, maka hubungan keluarga akan menjadi rusak.

Keluarga yang ditandai oleh adanya pengampunan akan selalu hidup dalam suasana yang harmonis dan damai.

4. Keluarga yang ditandai oleh adanya saling pengertian

Keluarga yang diperbarui oleh pengertian adalah keluarga yang saling memahami satu sama lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita harus saling memahami dan menerima kekurangan masing-masing.

Keluarga yang ditandai oleh adanya saling pengertian akan selalu hidup dalam suasana yang harmonis dan damai.

5. Keluarga yang ditandai oleh adanya saling support

Keluarga yang diperbarui oleh support adalah keluarga yang saling mendukung satu sama lain. Setiap orang pasti memiliki impian dan cita-citanya masing-masing. Kita harus saling mendukung agar impian dan cita-cita tersebut dapat tercapai.

Keluarga yang ditandai oleh adanya saling support akan selalu hidup dalam suasana yang harmonis dan damai.

Menjadi keluarga yang diperbarui menjadi ciptaan baru adalah suatu proses yang tidak mudah. Namun, proses ini sangatlah penting untuk dilakukan. Keluarga yang diperbarui oleh kasih, iman, pengampunan, pengertian, dan support akan menjadi keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi keluarga yang diperbarui menjadi ciptaan baru:
  • Mulailah dengan berdoa dan memohon kepada Tuhan untuk membantu Anda menjadi keluarga yang diperbarui.
  • Belajarlah untuk saling mengasihi satu sama lain, baik suami dan istri, orang tua dan anak, maupun saudara kandung.
  • Jadilah keluarga yang beriman dan percaya kepada Tuhan.
  • Maulah saling memaafkan satu sama lain.
  • Belajarlah untuk saling memahami satu sama lain.
  • Berikan dukungan satu sama lain.

Menjadi keluarga yang diperbarui menjadi ciptaan baru adalah suatu panggilan bagi setiap keluarga Kristen. Marilah kita berusaha untuk menjadi keluarga yang bahagia dan sejahtera, sesuai dengan rancangan Allah.

Berikut adalah beberapa contoh konkret bagaimana keluarga Kristen dapat menjadi ciptaan baru:
  • Seorang suami yang mengasihi istrinya dengan tulus, mau melayaninya, dan selalu mendukungnya.
  • Seorang istri yang menghormati suaminya, mau menemaninya dalam suka dan duka, dan selalu mendoakannya.
  • Seorang orang tua yang mendidik anak-anaknya dengan kasih, mengajarkan mereka tentang nilai-nilai moral, dan membantu mereka untuk mengenal Tuhan.
  • Seorang anak yang menghormati orang tuanya, taat kepada perintahnya, dan selalu mendoakannya.

Ketika keluarga Kristen hidup dalam kasih, iman, pengampunan, pengertian, dan support, maka keluarga tersebut akan menjadi berkat bagi masyarakat dan dunia.

Kesimpulan

Keluarga yang diperbarui menjadi ciptaan baru adalah keluarga yang hidup dalam kasih, iman, pengampunan, pengertian, dan support. Keluarga ini adalah keluarga yang bahagia dan sejahtera, dan menjadi berkat bagi masyarakat dan dunia.

Komentar