Buat Slogan Sebagai Tekad untuk Menggunakan Hak Pilih Secara Bertanggungjawab: Memilih Partai Politik dan Pemimpin Lainnya yang Memiliki Integritas

Buat slogan sebagai tekad untuk menggunakan hak pilih secara bertanggungjawab: memilih partai politik dan pemimpin lainnya yang memiliki integritas.

Pertanyaan diatas adalah soal Membuat Slogan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 6 Keadilan Sebagai Dasar Demokrasi dan HAM (Kajian Kritis Terhadap Sikap Gereja), halaman 77.

Jawaban:

Slogan: "Pilihlah yang berintegritas, wujudkan keadilan dan HAM."

Penjelasan:

Slogan ini bermakna bahwa kita harus memilih partai politik dan pemimpin lainnya yang memiliki integritas. Integritas adalah sifat jujur, bermoral, dan berpegang teguh pada nilai-nilai luhur. Dengan memilih pemimpin yang berintegritas, kita dapat mewujudkan keadilan dan HAM di Indonesia.

Keadilan adalah keadaan yang adil, yaitu keadaan yang sesuai dengan kebenaran dan hak. HAM adalah hak asasi manusia, yaitu hak-hak yang melekat pada setiap manusia sejak lahir sebagai manusia, tidak dapat dicabut, dan tidak dapat dibeli.

Pilihan pemimpin yang berintegritas penting untuk mewujudkan keadilan dan HAM di Indonesia. Pemimpin yang berintegritas akan menjalankan tugasnya dengan jujur, adil, dan tidak korupsi. Pemimpin yang berintegritas juga akan melindungi hak-hak asasi manusia warga negaranya.

Oleh karena itu, kita harus bertekad untuk menggunakan hak pilih kita secara bertanggung jawab. Kita harus memilih pemimpin yang berintegritas, agar keadilan dan HAM dapat terwujud di Indonesia.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memilih pemimpin yang berintegritas:
  • Mencari informasi tentang partai politik dan pemimpinnya. Kita dapat mencari informasi dari berbagai sumber, seperti media massa, internet, atau dari orang-orang yang kita percayai.
  • Membandingkan program kerja partai politik dan pemimpinnya. Kita harus memilih partai politik dan pemimpin yang memiliki program kerja yang sesuai dengan nilai-nilai yang kita yakini.
  • Mengamati perilaku partai politik dan pemimpinnya. Kita dapat mengamati perilaku partai politik dan pemimpinnya dari berita, media sosial, atau dari pertemuan langsung.

Dengan melakukan hal-hal di atas, kita dapat memilih pemimpin yang berintegritas dan mewujudkan keadilan dan HAM di Indonesia

Komentar