Berkaitan dengan Kejujuran, Apakah Kalian Pernah Berbohong? Mengapa Kalian Berbohong? Bagaimana Perasaanmu Ketika Kamu Berbohong?

Berkaitan dengan kejujuran, apakah kalian pernah berbohong? Mengapa kalian berbohong? Bagaimana perasaanmu ketika kamu berbohong? Setelah mempelajari materi mengenai nilai-nilai iman Kristen, apa pendapatmu berkaitan dengan kebohongan? Apakah kalian memiliki teman yang selalu jujur? Jika ya, sifat apa yang perlu kamu tiru darinya?

Pertanyaan diatas adalah soal tentang Jujur, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 7 Nilai-Nilai Kristiani Menjadi Pegangan Hidup Menurut Kitab Galatia, halaman 78.

Jawaban:

Pernahkah kalian berbohong?

Ya, saya pernah berbohong. Saya pernah berbohong kepada orang tua saya tentang nilai ujian saya. Saya takut jika mereka mengetahui nilai saya yang buruk, mereka akan marah kepada saya.

Mengapa kalian berbohong?

Saya berbohong karena takut akan konsekuensi yang akan saya terima. Saya takut akan hukuman, penolakan, atau bahkan rasa malu.

Bagaimana perasaanmu ketika kamu berbohong?

Saya merasa tidak nyaman dan bersalah ketika saya berbohong. Saya merasa seperti saya telah melakukan sesuatu yang salah. Saya juga merasa khawatir bahwa orang lain akan mengetahui kebohongan saya.

Setelah mempelajari materi mengenai nilai-nilai iman Kristen, apa pendapatmu berkaitan dengan kebohongan?

Menurut saya, kebohongan adalah hal yang salah. Kebohongan dapat merusak hubungan antar manusia. Kebohongan juga dapat membuat kita kehilangan kepercayaan dari orang lain.

Apakah kalian memiliki teman yang selalu jujur?

Ya, saya memiliki teman yang selalu jujur. Teman saya ini selalu mengatakan apa adanya, meskipun itu hal yang tidak enak untuk didengar. Saya mengagumi sifat jujurnya.

Sifat apa yang perlu kamu tiru darinya?

Saya ingin meniru sifat jujurnya. Saya ingin menjadi orang yang selalu mengatakan apa adanya, meskipun itu hal yang tidak enak untuk didengar. Saya juga ingin menjadi orang yang bisa dipercaya oleh orang lain.

Penjelasan

Kejujuran adalah salah satu nilai-nilai iman Kristen yang penting. Kejujuran berarti mengatakan kebenaran, baik itu dalam perkataan maupun perbuatan. Kejujuran adalah dasar dari hubungan yang baik antar manusia.

Berbohong adalah perbuatan yang bertentangan dengan kejujuran. Berbohong adalah mengatakan sesuatu yang tidak benar. Berbohong dapat merusak hubungan antar manusia, karena dapat menimbulkan ketidakpercayaan.

Sebagai orang Kristen, kita harus berusaha untuk hidup jujur. Kita harus mengatakan kebenaran, baik itu dalam perkataan maupun perbuatan. Kita juga harus menghindari perbuatan berbohong.

Komentar