Berdasarkan Kisah di Atas, Kemukakan Pendapat Kalian tentang Perbedaan antara Hedonisme dan Keugaharian serta Buatlah Kesimpulan atasnya!


Simak dan amati kisah di atas dengan saksama, lalu lakukan analisis. Tuliskan hasil analisis kalian pada kertas kerja yang kalian miliki.

2. Berdasarkan kisah di atas, kemukakan pendapat kalian tentang perbedaan antara hedonisme dan keugaharian serta buatlah kesimpulan atasnya!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Kegiatan 2: Membaca dan Menganalisis, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 3 Hedonisme vs Keugaharian, halaman 30.

Jawaban:

Perbedaan antara hedonisme dan keugaharian

Hedonisme adalah paham yang mengajarkan bahwa kenikmatan adalah tujuan utama hidup. Orang-orang yang menganut paham hedonisme akan mengejar kenikmatan sebanyak-banyaknya, tanpa peduli pada hal lain, termasuk nilai-nilai moral dan etika.

Sedangkan, keugaharian adalah paham yang mengajarkan bahwa hidup sederhana adalah jalan hidup yang lebih baik. Orang-orang yang menganut paham keugaharian akan berusaha untuk hidup sederhana, tidak berlebihan, dan berfokus pada hal-hal yang penting dalam hidup.

Berdasarkan kisah Andrew dan Peter, kita dapat melihat perbedaan yang jelas antara hedonisme dan keugaharian. Andrew, yang berasal dari keluarga kaya, bisa saja hidup mewah dan mengejar kenikmatan sebanyak-banyaknya. Namun, ia justru memilih untuk hidup sederhana dan berbela rasa dengan Peter. Hal ini menunjukkan bahwa Andrew tidak menganut paham hedonisme. Ia lebih memilih untuk hidup sederhana dan berfokus pada hal-hal yang penting dalam hidup, seperti persahabatan, kasih sayang, dan kepedulian terhadap sesama.

Kesimpulan

Kisah Andrew dan Peter mengajarkan kita bahwa hidup sederhana bukanlah sesuatu yang buruk. Justru, hidup sederhana dapat mengajarkan kita untuk bersyukur, menghargai orang lain, dan menolong mereka yang membutuhkan. Selain itu, kisah ini juga menunjukkan bahwa hidup sederhana bukanlah berarti kita tidak bisa menikmati hidup. Kita tetap bisa menikmati hidup, tetapi dengan cara yang sederhana dan tidak berlebihan.

Comments