Bagi Diri dalam Kelompok dan Pelajari Doa Bapa Kami, Diskusikan Mengenai Isi Doa Itu. Apa Saja yang Tercakup di dalam Doa Itu

Bagi diri dalam kelompok dan pelajari doa Bapa Kami, diskusikan mengenai isi doa itu. Apa saja yang tercakup di dalam doa itu. Misalnya, dimulai dengan pujian kepada Allah dan pengakuan terhadap Allah sebagai Raja yang bertakhta di surga dan seterusnya. Presentasikan hasil diskusi kelompok.

Pertanyaan diatas adalah soal bagian 1 Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 5 Setia Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab, halaman 55.

Jawaban:

Isi Doa Bapa Kami

Doa Bapa Kami adalah doa yang diajarkan oleh Yesus Kristus kepada murid-murid-Nya. Doa ini merupakan doa yang paling populer di kalangan umat Kristen dan sering diucapkan dalam ibadah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Isi doa Bapa Kami dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:

Pujian dan pengakuan

Pada bagian pertama, doa Bapa Kami dimulai dengan pujian dan pengakuan terhadap Allah. Kita mengakui bahwa Allah adalah Bapa kita yang ada di surga. Kita juga mengakui bahwa Allah adalah Allah yang kudus dan layak untuk dimuliakan.

Permintaan-permintaan

Pada bagian kedua, doa Bapa Kami berisi permintaan-permintaan kepada Allah. Permintaan-permintaan tersebut meliputi:
  • Datanglah Kerajaan-Mu. Kita berdoa agar Kerajaan Allah segera datang di dunia ini. Kerajaan Allah adalah Kerajaan kasih, kebenaran, dan keadilan.
  • Jadilah kehendak-Mu. Kita berdoa agar kehendak Allah yang terjadi di bumi ini, sama seperti yang terjadi di surga.
  • Berilah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya. Kita berdoa agar Allah memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, termasuk kebutuhan akan makanan, pakaian, dan tempat tinggal.
  • Ampunilah kami akan kesalahan kami. Kita berdoa agar Allah mengampuni dosa-dosa kita.
  • Janganlah membawa kami ke dalam pencobaan. Kita berdoa agar Allah melindungi kita dari godaan dan pencobaan.
  • Lepaskan kami dari yang jahat. Kita berdoa agar Allah membebaskan kita dari kuasa kejahatan.

Penutup

Pada bagian ketiga, doa Bapa Kami ditutup dengan pengakuan bahwa Allah adalah Allah yang berkuasa dan mulia.

Makna Doa Bapa Kami

Doa Bapa Kami memiliki makna yang sangat mendalam bagi umat Kristen. Doa ini mengajarkan kita tentang hubungan kita dengan Allah sebagai Bapa kita. Doa ini juga mengajarkan kita tentang nilai-nilai Kristiani, seperti kasih, pengampunan, dan keadilan.

Doa Bapa Kami dapat menjadi pedoman bagi kita dalam berdoa. Doa ini dapat membantu kita untuk memuji dan memuliakan Allah, memohon pertolongan-Nya, dan mengampuni orang lain.

Komentar