Bagaimana Pengalaman Bapak/Ibu Saat Menghadapi Peserta Didik yang Berperilaku tidak Tepat?

Bagaimana pengalaman Bapak/Ibu saat menghadapi peserta didik yang berperilaku tidak tepat?

Pertanyaan diatas adalah soal Cerita Reflektif, Modul 1: Pengantar Program Roots Indonesia, Materi: Merespon Perundungan dengan Pendekatan Disiplin Positif.

Jawaban:

Sebagai guru, saya sering menghadapi peserta didik yang berperilaku tidak tepat. Perilaku tidak tepat tersebut dapat berupa kekerasan fisik, kekerasan verbal, atau perilaku antisosial lainnya. Perilaku tersebut dapat mengganggu proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang tidak kondusif.

Salah satu pengalaman saya yang paling berkesan adalah saat menghadapi seorang peserta didik yang sering memukuli teman-temannya. Peserta didik tersebut berasal dari keluarga yang broken home dan sering mengalami kekerasan di rumah. Ia merasa marah dan frustrasi, sehingga ia sering menyalurkan emosinya dengan memukuli orang lain.

Saya mencoba untuk memahami penyebab perilaku peserta didik tersebut. Saya juga mencoba untuk membangun hubungan yang baik dengan peserta didik tersebut. Saya sering mengajaknya berbicara dan mendengarkan ceritanya. Saya juga berusaha untuk menjadi sosok yang bisa dipercaya dan diandalkan oleh peserta didik tersebut.

Setelah beberapa bulan, saya melihat perubahan yang positif pada peserta didik tersebut. Ia mulai berkurang perilakunya yang suka memukuli orang lain. Ia juga mulai lebih terbuka dan lebih mudah untuk diajak bicara.

Pengalaman tersebut membuat saya menyadari bahwa penting untuk memahami penyebab perilaku peserta didik yang berperilaku tidak tepat. Kita juga harus bersikap sabar dan penuh kasih sayang dalam menghadapi peserta didik tersebut. Dengan demikian, kita dapat membantu peserta didik tersebut untuk mengubah perilakunya dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Berdasarkan materi Modul 1: Pengantar Program Roots Indonesia, berikut adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan dalam menghadapi peserta didik yang berperilaku tidak tepat:
  • Gunakan pendekatan disiplin positif. Disiplin positif adalah pendekatan yang berfokus pada pengembangan perilaku positif, bukan pada hukuman. Dengan pendekatan disiplin positif, kita dapat membantu peserta didik untuk memahami konsekuensi dari perilaku mereka dan belajar untuk berperilaku dengan lebih baik.
  • Bangun hubungan yang baik dengan peserta didik. Peserta didik yang merasa dicintai dan dihargai akan lebih cenderung untuk berperilaku baik. Oleh karena itu, penting untuk membangun hubungan yang baik dengan peserta didik, baik secara personal maupun profesional.
  • Berikan dukungan dan bimbingan. Peserta didik yang berperilaku tidak tepat mungkin saja mengalami kesulitan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penting untuk memberikan dukungan dan bimbingan kepada mereka. Kita dapat membantu mereka untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi dan menemukan solusi yang positif.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, kita dapat membantu peserta didik yang berperilaku tidak tepat untuk mengubah perilakunya dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Komentar